Kadis P3AP2KB : Peran Perempuan Dalam Menjaga Keharmonisan Sebuah Keluarga Sangat Besar

Terbit: oleh -14 Dilihat

NATUNA (KP),- Pemerintah daerah melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB), Kabupaten Natuna, melakukan sosialisasi  terkait dengan kesetaraan gender, dengan tema “Peran Perempuan Di Dalam Menciptakan Keluarga Berkualitas,” bertempat di Aula Gedung Pertemuan Desa Gunung Puteri, Kecamatan Bunguran Batubi, Rabu,16 Desember 2020.

Sosialisasi dalam rangkaian peringatan Hari Ibu ke-92 itu, menghadirkan narasumber diantaranya, Dr. Rika Azmi,S.TP,MM, Kepala Dinas P3AP2KB, DR.Rumzi Samin,S.Sos,M.Si, Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji (FISIP UMRAH) dan Nurhayati  Hamid Rizal, Ketua TAPI-PKK Kabupaten Natuna.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas P3AP2KB Dr. Rika Azmi,S.TP,MM, mengatakan sosialisasi bertujuan agar perempuan mempunyai ilmu tentang mengasuh anak di rumah, berbagai peran dengan suami, mendorong keluarga secara ekonomi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang kesetaraan gender.

Menurut Rika Azmi, peran perempuan dalam menjaga ketahanan dan keharmonisan pada sebuah keluarga  sangatlah besar bahkan dalam pembangunan di Natuna.

“Perempuan memainkan peran kunci menjadi agen perdamaian dan melakukan penguat dalam keluarga. Perempuan juga bisa menjadi mitra yang setara bagi laki-laki dalam membentuk ketahanan keluarga,” ujarnya.

Tak hanya itu, Rika Azmi juga menyebutkan bahwa perempuan mempunyai kontribusi dalam menjaga keharmonisan dan pengembangan terhadap lingkungan.

“Keluarga adalah wadah penyemai kasih sayang. Selain berperan dalam keluarga, perempuan saat ini juga mempunyai kontribusi dalam lingkungannya,” sebutnya.

Sementara itu Rumzi Samin, menyampaikan kesetaraan gender tidak hanya penting dari sisi moralitas dan keadilan tetapi sangat relevan dari sisi ekonomi,

“Kesetaraan gender yang ditekankan adalah kesempatan yang sama bagi laki-laki, ekonomi, akses pendidikan, kesehatan serta politik,” sampainya.

Disamping itu, Nurhayati  Hamid Rizal dalam penyampainnya lebih menekankan kepada kaum perempuan agar selalu proaktif baik dalam keluarga, lingkungan bahkan dalam memberikan efek bagi pembangunan Natuna.

“Tentunya pengaruh perempuan dalam kehidupan ini sangat besar, tidak hanya dalam keluarga, bahkan pada pembangunan daerah. Selalu proaktif dalam berorganisasi itu juga penting,” ucapnya.

Sebagai penutup Camat Bunguran Batubi, Said M.Fadli,S.S.TP mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah dalam hal ini dinas P3AP2KB yang telah melaksanakan sosialisasi di wilayahnya.

“Kita berharap dapat meningkatkan dan memberikan semangat serta motivasi bagi kaum ibu khususnya di Kecamatan Bunguran Batubi dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga, terutama di masa pandemi Covid-19 ini,” tutupnya. (KP).


Laporan : Boy


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *