Pemkab Anambas dan Kakanwil Kemenag Kepri Tetapkan Sri Tanjung Desa Sadar Kerukunan

oleh -258 views
Desa-Sri-Tanjung-Kecamatan-Siantan-sebagai-desa-sadar-kerukunan

ANAMBAS (KP),- Hari ini, Sabtu, 14 Desember 2019, Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Budi Arie Setiadi bersama Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas (Anambas) Abdul Haris, SH dan Wakil Bupati, Wan Zuhendra, meresmikan Desa Sri Tanjung Kecamatan Siantan sebagai desa sadar kerukunan.

Desa Sri Tanjung memiliki penduduk 820 jiwa yang heterogen. Islam 295 (147 lelaki 148 perempuan), Budha 348 (175 lelaki 173 perempuan), Katolik 115 (59 lelaki 56 perempuan) dan Kristen 62 (30 lelaki 32 perempuan). Terdapat tiga rumah ibadah, terdiri dari Masjid Raudhatul Jannah, Wihara Gunung Dewa Siantan dan Gereja Bethel Indonesia (GBI) hebatnya mereka hidup rukun dan damai.

Saya sangat senang melihat warga disini, bisa menjaga kerukunan antar umat beragama sehingga terciptanya saling hormat-menghormati satu sama lainnya,” kata Budi. Menurut Budi, tidak mudah menjaga kerukunan antar umat beragama seperti ini di daerah-daerah yang ada di Indonesia. Ia pun meminta sikap demikian untuk terus dijaga. “Dengan semangat persatuan semboyan negara kita Bhinneka Tunggal Ika, seluruh umat beragama bisa bersatu, itu-lah Indonesia,” katanya.

Sesuai dengan SK Kakanwil Kemenag Kepri nomor 500 tahun 2019, dengan diresmikan sebagai desa sadar kerukunan, maka para tokoh agama dan pemerintah bertanggung jawab bersama. Keberagaman harus menjadi energi untuk membagun bangsa. “Jadikan Anambas sebagai contoh bagi Kepri dan Indonesia,” pesan Wakil Menteri diaminkan Bupati dan Wakil Bupati serta para hadirin. (KP).




Laporan : Azmi Aneka Putra



Memuat...