Sehari Wali Kota Lakukan Dua Kali Pelantikan Pejabat Pemko Tanjungpinang

Terbit: oleh -26 Dilihat
Wali-Kota-Tanjungpinang-H.-Syahrul-S.Pd-saat-melantik-lima-pejabat-tinggi-pratama

TANJUNGPINANG (KP),- Dalam waktu sehari, Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd kembali melantik para pejabat dilingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang, di Aula Sultan Sulaimam Badrul Alamsyah, Kantor Wali Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Jum’at (31/1/2020)

Sebelumnya, pukul 10:00 WIB, Wali Kota melantik 206 pejabat, terdiri dari 4 Pejabat Tinggi Pratama, 55 Pejabat Administrator, dan 147 Pejabat Pengawas. Kemudian, dihari yang sama, pukul 17:00 WIB, Wali Kota kembali melantik lima pejabat tinggi pratama berdasarkan Keputusan Wali Kota Tanjungpinang nomor 95 tahun 2020.

Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul mengatakan lima orang pejabat tinggi pratama sudah dilantik ini telah melalui berbagai tahapan, meliputi pengajuan rekomendasi pelaksanaan mutasi dan rotasi pejabat tinggi pratama melalui uji kompetensi atau job-fit ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Pelaksanaan uji kompetensi atau job fit ini, sudah dilaksanakan pada 27 Januari 2020, diikuti 10 pejabat pimpinan tinggi pratama yang telah memenuhi persyaratan mininal 2 tahun dilingkungan Pemko Tanjungpinang.

Izin ke KASN untuk mendapat persetujuan melalui rekomendasi KASN persetujuan pelaksanaan pelantikan dengan nomor B-353/KASN/01/2020, tanggal 31 Januari 2020.  “Yang mengikuti job fit ada 10 orng, tetapi yang dilantik 5 orang. Artinya 5 orang diantaranya tetap pada jabatannya dan masih membantu saya melaksanakan program-program di 2020,” ucap Wali Kota.

Dikatakan Wali Kota, rotasi dan mutasi pejabat adalah sesuatu yang biasa dalam organisasi birokrasi dalam rangka menjaga kesinambungan birokrasi dan pengembangan karir pegawai. “Pelantikan ini dimaksudkan untuk lebih mempelancar pelaksanaan tugas-tugas pokok dan fungsi pemerintahan dan pelayan publik,” tambahnya.

Meski demikian, lanjut Wali Kota, pelantikan hendaklah dimaknai dari sudut kepentingan organisasi, bukan sekedar penempatan figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu. Tetapi, pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka peningkatan kinerja dan penyelengaraan tugas serta pelayanan maksimal.

“Pertimbangan utama yang digunakan dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai adalah kompetensi. Karena, pengabdian dan komitmen terhadap tugas negara, utamanya Pemko Tanjungpinang,” pungkasnya

Pada kesempatan itu, Wali Kota menyampaikan lima intruksi kepada 5 pejabat tinggi pratama yang baru di lantik. Pertama, segera bekerja dan membuat langkah-langkah strategi sesuai bidang tugas saudara masing-masing.

Kedua, lakukan koordinasi, integrasi, singkornisasi baik secara internal maupun eksternal untuk meningkatkan solidaritas dan mempermudah pelaksanaan tugas saudara.  Ketiga, tingkatkan terus kompetensi dan profesionalisme agar mampu mengikuti dinamika perubahan global.

Keempat dan yang paling penting, merubah mindset, cara pandang, pola pikir bekerja ke arah yang positif dan terus semangat dan berusaha mencari ide-ide baru yang inovatif demi peningkatan dan percepatan pembangunan kota Tanjunpinang. Terakhir, pangkas hambatan birokrasi yang ada serta selalu memberikan pelayanan yang cepat dan maksimal kepada masyarakat.

“Mudah-mudahan 5 intruksi saya ini diikuti dan dipahami. Saya ucapkan selamat menjalankan tugas dan jabatan yang di amanahkan dengan semangat dan tanggung jawab yang tinggi dalam menjalankan tugas,” ucap wali kota mengakhiri sambutannya.

Berikut nama-nama 5 pejabat tinggi pratama yang baru di lantik, yaitu, Amrialis sebelumnya menjabat Kadis Perkim kini menjabat Kepala Dinas Sosial. Djasman sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga kini menjabar Kepala Dinas Perkim.

Agustiawarman sebelumnya Kepala Dinas Sosial kini menjabat Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga. Yuswandi sebelumnya menjabat Kepala Dinas Lingkungan Hidup kini menjabat Kepala Badan Keuangan dan Aset Daaerah. Lalu, Hendri sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

Turut dihadiri, Wakil Wali Kota, Rahma, Ketua DPRD, Yuniarni Pustoko Weni, Sekretaris Daerah, Teguh Ahmad Syafari, serta sejumlah pejabat dilingkup Pemko Tanjungpinang. (KP).


Editor : Effendi Abidin

Kontributor : Tri/Diskominfo Tanjungpinang


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *