Hendra Kusuma : Jangan Sampai Wisata Sudah Maju SDM Kita Belum Siap

Terbit: oleh -33 Dilihat
Hendra Kusuma, Pj. Sekda Natuna

NATUNA (KP) – Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna gencar mengadakan pelatihan-pelatihan sertifikasi menggenjot terciptanya Sumber Daya Manusia (SDM) handal di bidang pariwisata menggunakan dana alokasi khusus non fisik.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna, Hardinansyah, tahun ini akan diadakan pelatihan sertifikasi bagi pemandu wisata untuk 50 orang secara gratis. “Kita ada selam, kalau yang tahun ini mungkin sama seperti tahun lalu,” sebut Hardinansyah.

Kata Hardinansyah sasaran dari pelatihan yang diadakan agar bisa memandu secara langsung kehadiran wisatawan di objek-objek wisata, seperti adanya pelatihan manajemen homestay, sayangnya terbentur Pandemi Covid-19.

“Cuma adanya Pandemi Covid-19 ini membuat jumlah kunjungan wisata ke Natuna berkurang, akhirnya orang-orang yang telah mendapatkan pelatihan ini tidak ada aktifitas,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna, Hardinansyah

 

Menanggapi hal itu, Pj Sekda Natuna, Hendra Kusuma, membenarkan bahwa pelatihan peningkatan SDM sangat perlu diadakan termasuk pelatihan bagi komunitas-komunitas pengelola pariwisata.

“Betul SDM kita memang harus siap walaupun sekarang ini belum begitu terasa kunjungan wisatawan ke Natuna. Karena wisatawan ingin dilayani dengan baik dengan keramahan dan pengetahuan kita akan keberadaan pariwisata Natuna itu sendiri,” imbuhnya.

Kata Handra Kusuma, hal ini sangat penting bagi para pemandu wisatawan agar meraka bisa menyampaikan objek wisata andalan yang ada di Natuna.

“Jadi memang betul, mereka harus kita siapkan karena ujung tombak bagi industri pariwisata dan perkembangan wisata disuatu daerah,” pungkasnya.

Hendra Kusuma mengakui bahwa potensi wisata Natuna sangat luar biasa, untuk itu perlu disiapkan SDM berkualitas pada bidangnya, jangan sampai ketika wisata sudah maju SDM belum siap.

“Kita memang ada keinginan menjadikan Natuna Gerbang Wisata di Utara Indonesia. Karena kita lebih unggul dibandingkan Batam dan Tanjungpinang, mereka hanya berbatasan dengan satu setengah negara Singapur dan Malaysia Barat. Sedangkan kita berbatasan dengan  tujuh negara,” ungkapnya.

Artinya lanjut Hendra Kusuma, objek pariwisata Natuna jauh lebih unggul karena memiliki potensi yang luar biasa. “Jadi jangan sampai SDM kita tidak siap untuk itu,” tutupnya menjawab koranperbatasan.com Sabtu, 20 Maret 2021. (KP).


Laporan : Amran


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *