Bazar Hewan Kurban Tanggamus, Untuk Tumbuhkan Motivasi Pelaku Usaha Peternakan

oleh -223 views
Bazar-Hewan-Kurban-di-lapangan-Pekon-Gisting-Atas-Kecamatan-Gisting

TANGGAMUS (KP),- Dalam menjelang suasana Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 M, Pemerintah Kabupaten Tanggamus, mengadakan Bazar Hewan Kurban di lapangan Pekon Gisting Atas, Kecamatan Gisting. Hadir dalam kegiatan Bazar kurban tersebut, Staf ahli Bupati Tanggamus, firman Rani, Asisten 2 sukisno, para kepala OPD Kabupaten Tanggamus, camat, Pj Pekon Gisting Atas dan para pelaku usaha peternakan.

Rintoko selaku panitia menyampaikan, Asosiasi Kelompok Peternak (Asponak) Tanggamus, merupakan lembaga yang mewadahi kelompok-kelompok peternak yang berlokasi di Kabupaten Tanggamus. “Adanya Asponak sebagai lembaga lokal yang sangat penting untuk membangun akses pasar dan memperluas jaringan bisnis. Dengan adanya  Asponak ini juga diharapkan bisa menjalin silaturahmi antar kelompok-kelompok ternak yang ada di Tanggamus dan kabupaten di luar Tanggamus. Sehingga pentingnya bagi berjalannya, lembaga dalam dunia peternakan di Tanggamus,” terang Rintoko, Kamis, 23 Juli 2020.

“Semua hewan kurban yang kami hadirkan adalah hewan yang sehat dan sudah dicek kesehatannya oleh dokter hewan dan dinas terkait.  Pada kesempatan ini juga, kami sampaikan menjelang hari raya idul adha, kambing Tanggamus yang sudah terjual tembus di angka 2500 ekor. Sedangkan stok tersedia dipara pedagang masih ada di kisaran 1000 ekor. Dilihat dari jumlah kambing terjual tembus di angka ribuan, tentunya kami berharap agar Kabupaten Tanggamus,  bisa memiliki pasar hewan sendiri,” ucap Rintoko.

Sementara itu, Asisten II Sukisno mewakili Bupati Tanggamus, menyampaikan Pemerintah Kabupaten Tanggamus, berupaya untuk menciptakan dan menjalankan berbagai program pembangunan yang tujuan akhirnya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat, salah satunya adalah masyarakat peternak.

“Pembangunan peternakan merupakan bagian integral pembangunan pertanian khususnya. Dan pembangunan nasional umumnya. Oleh karena itu, marilah kita terus lanjutkan pembangunan peternakan ini, melalui peningkatan usaha diversifikasi, intensifikasi dan ekstensifikasi ternak yang tentunya didukung oleh pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi,” ujar Sukisno.

“Peluang pengembangan ternak di Kabupaten Tanggamus sangat mendukung karena memiliki dukungan dan potensi yang diantaranya adalah, potensi alam dengan sumber pakan yang melimpah, baik tanaman hijau maupun hasil samping tanaman pertanian dan perkebunan. Prospek pasar baik lokal, nasional maupun ekspor, adanya pendampingan oleh petugas teknis peternakan kecamatan dan salah satunya petugas inseminator,” tambah Sukisno.

Lanjut Sukisno menerangkan, “salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi para pelaku usaha peternakan dalam menggerakkan perekonomian, melalui kegiatan yang kita laksanakan pada hari ini yaitu Bazaar Hewan Kurban. Dimasa pandemi Covid-19 ini, walau daya beli masyarakat belum pulih, namun saya menilai Bazaar Hewan Kurban ini mempunyai momentum yang sangat tepat dalam rangka menghadapi Hari Raya Idul Adha,” terang Sukisno.



Lebih lanjut Sukisno menyampaikan harapanya, “tentunya permintaan hewan kurban akan meningkat. Dan semua ini adalah sebagai upaya promosi kita dalam meningkatkan nilai jual ternak. Sehingga dapat meningkatkan pendapatan peternak itu sendiri. Saya menyambut baik atas terselenggaranya acara ini dan harapannya terus berlanjut menjadi program tahunan. Karena kegiatan ini dapat memotivasi peternak dalam menjaga dan meningkatkan kualitas pengelolaan ternak untuk mengembangkan potensi lokal secara mandiri.” harap Sukisno. (KP).


Laporan : Arzal

Editor : Riduan



Memuat...