Bupati Pimpin Upacara Memperingati Hari Pahlawan di Pemkab OKU

oleh -223 views
Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Drs. H. Kuryana Azis bertindak selaku inspektur upacara

BATURAJA (KP),- Upacara memperingati  Hari Pahlawan 10 November yang digelar Pemkab OKU di Halaman Pemkab OKU Minggu, 10 November 2019 berlangsung  khidmat. Dikesempatan tersebut, Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Drs. H. Kuryana Azis bertindak selaku inspektur upacara.

Upacara tersebut dihadiri juga oleh Wabup OKU, Drs. Johan Anuar, SH, MM, Ketua DPRD H. Marjito Bachri, ST, Kapolres OKU AKBP Tito Hutauruk, SIK, MH, Dandim 0403/OKU Letkol Arm Agung Widodo, SSos, Sekda OKU Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE, MT, MSi, MH, Kepala OPD, Kabag, Camat, Lurah, dan undangan lainnya.

Bupati OKU, Kuryana Azis pada kesempatan itu, membacakan sambutan Menteri Sosial RI mengingatkan pentingnya generasi kini mengingat jasa para pahlawan. Peristiwa perang mengingatkan bahwa pada kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri.

Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari kita. Apa kata Proklamator Bung Karno yang menyebut jika bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya.

Untuk itu, beliau menginginkan peringatan Hari Pahlawan tahun ini membangkitkan rasa cinta pada para pahlawan. Peringatan Hari Pahlawan ini kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini. Sebagaimana “Aku Pahlawan Masa Kini” menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun yang memperkuat keutuhan NKRI.

Kemudian melalui pembacaan naskah UUD 1945 oleh peserta upacara juga menyampaikan kesan-kesan dan kata mutiara pahlawan dimana peristiwa heroik di Surabaya 1945 banyak korban berjatuhan, maka dari itu sudah selayaknya kita memperingati hari pahlawan tersebut.

Dilanjutkan Bupati OKU, dengan peringatan hari pahlawan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan  pengorbanan para pahlawan bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini.



Pahlawan sekarang diharapkan dapat menorehkan prestasi diberbagai bidang kehidupan. Mari kita maknai hari pahlawan ini dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia maju.

Peringatan hari pahlawan kiranya bukan hanya bersifat seremonial semata, tetapi dapat diisi dengan berbagai aktifitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan. Dengan menjadikan diri kita sebagai pahlawan masa kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dapat diatasi.

Pada kesempatan itu Bupati OKU, H. Kuryana Azis memberikan piagam penghargaan kepada petugas KPPS yang meninggal dunia pada pelaksanaan Pilpres dan Pileg beberapa waktu lalu. (KP).


Laporan : Syahril



Memuat...