Desa Belangin dan Desa Kiram, Gelar Pembekalan MPA

oleh -302 views
Tim-Karhutla-Tahura-Sultan-Adam-saat-melaksanakan-pembekalan-Masyarakat-Peduli-Api

BANJARBARU (KP),- Tim Karhutla Tahura Sultan Adam kembali melakukan pembekalan Masyarakat Peduli Api (MPA) berbasis desa. Kegiatan dilaksanakan di Desa Belangian dan Kiram, Kamis, 15 Juli 2020.

Hadir pada acara tersebut, perwakilan dari Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, Kasi Pemanfaatan Hutan A Raihanor dan anggota Tim Karhutla Tahura Sultan Adam. Diketahui, Desa Belangian memiliki MPA bernama Tahan Beganggang, sedangkan Desa Kiram, MPA Avatar.

Pada kesempatan itu, Kepala Seksi Pemanfaatan Hutan, A Raihanor mengatakan MPA berbasis desa bertujuan melibatkan masyarakat secara langsung dalam mengelola hutan. Dengan adanya pemberdayaan masyarakat pada kegiatan rehabilitasi DAS, maka akan tumbuh rasa memiliki. Sehingga, nantinya masyarakat memperoleh akses kelola secara legal dengan program perhutanan sosial.

“Sesuai perintah Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq,  memasuki musim kemarau Tahun 2020, supaya dibentuk kelembagaan MPA berbasis desa.  Sebelum turun ke lapangan, harus dibekali dulu untuk pengenalan peralatan. MPA lebih fokus pada upaya pencegahan dengan meningkatkan patroli di daerah rawan kebakaran hutan dan lahan,” kata Raihanor.

Selain itu, Ketua MPA Tahan Beganggang, Siswanto, mengungkapkan ini merupakan pengalaman pertama mereka dan tentunya ilmu yang didapatkan sangat berharga. Siswanto juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Tim Tahura dan IPPKH. “Tak lupa kami bersama anggota mengucapkan terima kasih kepada Tahura dan IPPKH yang telah memberikan support kepada MPA Tahan Beganggang,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, Desa Kiram juga dilaksanakan pembekalan MPA berbasis desa. Hadir pada kegiatan tersebut, Tim Tahura SA, Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan utusan dari Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel. Dihadapan para anggota MPA Avatar, KSBTU Heru Wibowo, menyampaikan terima kasih kepada IPPKH yang telah men-support sepenuhnya kegiatan MPA dalam upaya pencegahan dan pengendalian bila terjadi kebakaran hutan dan lahan serta lingkungan desa setempat.

Wibowo berharap semua pihak bisa bekerja sama, yaitu Tim Tahura, IPPKH dan MPA. Komunikasi yang baik harus dijalin, sehingga pada akhirnya tujuan pemerintah untuk menjadikan hutan lestari,  masyarakat sejahtera,  bisa terwujud.



Adapun materi pembekalan MPA, antara lain aturan pemerintah tentang karhutla, teknis pemadaman, tata kelola MPA, sistem informasi karhutla dengan aplikasi android dan praktik pengenalan alat,  serta demontrasi cara pemadaman. (KP).


Laporan : Adam Subayu

Editor : Riduan


 


Memuat...