Ketua Bawaslu RI Abhan, Berikan Motivasi Bimtek Bagi Panwascam Se-Kota Tanjungpinang

oleh -332 views
Ketua-Bawaslu-Kota-Tanjungpinang-Muhamad-Zaini-dan-Ketua-Bawaslu-Republik-Indonesia-Abhan

TANJUNGPINANG (KP),- Ketua Bawaslu Republik Indonesia Abhan, hadir memberikan motivasi dan arahan dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawasan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2020 bagi jajaran Panwascam, yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kota Tanjungpinang, di Hotel Comforta Batu 10, Sabtu (28/12).

Dalam sambutan dan arahannya, Abhan mengucapkan selamat kepada Panwascam yang telah terpilih dan dilantik, serta berpesan agar melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai peraturan perundangan

“Seorang pengawas harus memiliki komitmen untuk meningkatkan soliditas dengan internal lembaga, menjaga integritas diri sebagai pengawas jujur, adil dan independen, memiliki mentalitas percaya diri tapi tidak sombong, serta bekerja secara profesional sesuai aturan”, tegas Abhan.

Dikatakannya bahwa Panwascam harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang lebih baik dari pihak yang diawasi, maka dituntut untuk memahami regulasi kepemiluan dengan baik, mulai Undang-Undang, Perbawaslu dan PKPU. Karena keberadaan pengawas dituntut untuk memberi solusi, sehingga akan dimintai saran, masukan dan rekomendasi terhadap berbagai persoalan di lapangan.

Abhan juga mengapresiasi Bawaslu Kota Tanjungpinang yang telah melakukan perekrutan sesuai pedoman dan tahapan yang telah ditentukan oleh Bawaslu RI. “Selamat mengawasi…”, pungkas Abhan, sekaligus secara resmi menutup acara Bimtek.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini menghaturkan terima kasih kepada Ketua Bawaslu RI yang telah berkenan hadir memberikan motivasi dan arahan Bimtek bagi jajaran Panwascam yang baru dilantik sejak enam hari lalu pada tanggal 23 Desember.



“Keluarga Besar Bawaslu Kota Tanjungpinang sangat berterima kasih atas kehadirannya Pak Ketua, Insya Allah semua arahan yang disampaikan akan menjadi motivasi dan spirit  bagi seluruh jajaran pengawas dalam menciptakan Pilkada 2020 yang demokratis, bersih dan bermartabat”, tutur Zaini yang juga Kordiv. Pencegahan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga dengan penuh semangat.

Dalam kesempatan tersebut, Zaini sekaligus melaporkan kepada Abhan, terkait proses tahapan dan hasil perekrutan Panwascam yang telah berlangsung secara terbuka, transparansi, sesuai pedoman perekrutan, dengan spirit terpilihnya Panwascam yang berintegritas dan profesionalitas.

“Usai pelantikan, dihari yang sama dilanjutkan dengan kegiatan orientasi pembekalan bagi Panwascam sehari penuh, lalu selang beberapa hari diberikan Bimtek selama tiga hari penuh”, kata Zaini.

Lanjutnya, adapun materi Bimtek yang disampaikan diantaranya, terkait tata kelola SDM dan Organisasi, nilai-nilai dasar pengawas, proses pembentukan pengawas lapangan kelurahan dan pengawas TPS, pelaksanaan pengawasan tahapan pemilihan, prosedur penanganan pelanggaran, penyelesaian sengketa acara cepat, teknis pelaporan hasil kinerja pengawasan.

Zaini juga menghaturkan terima kasih kepada Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau yang telah memfasilitasi menghadirkan Ketua Bawaslu RI dalam acara Bimtek Panwascam, disela persiapan acara Launching Pengawasan Pilkada Tahun 2020 oleh Bawaslu Kepri di Laman Gedung Gonggong pada hari Minggu 29 Desember.

Senada dengan Komisioner Bawaslu Kepulauan Riau Rosnawati, mengingatkan kepada jajaran Panwascam agar menjaga tetap menjaga integritas dan meningkatkan profesional dengan melaksanakan pengawasan Pilkada sesuai peraturan perundangan.  “Semangat dan sungguh-sungguhlah dalam pengawasan”, tutur Rosnawati

Acara yang berlangsung khidmat, juga dihadiri Indrawan SP Komisioner Bawaslu Kepri, Genap tiga Komisioner Bawaslu Kota Tanjungpinang, Zaini, Mariyamah, Novira, Korsek Mukhlis dan jajaran staf serta 12 Panwascam. (KP).


Laporan : Aman



Memuat...