Puskesmas Bunguran Selatan, Lakukan Rapid Test Kepada Seluruh Anggota PPK dan PPS

oleh -433 views
Puskesmas-Kecamatan-Bunguran-Selatan-dr.-Kamisah-saat-dimintai-keterangan

CEMAGA (KP),- Menjelang pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2020, Puskesmas Kecamatan Bunguran Selatan, Kabupaten Natuna Provinsi Kepri, melakukan kegiatan pemeriksaan rapid test untuk anggota PPK dan PPS yang ada dilingkungan Kecamatan Bunguran Selatan. Kegiatan dilaksanakan di Kantor Camat Bunguran Selatan.

Kegiatan pemeriksaan rapid test yang sejalan dengan Bimtek terhadap anggota PPK dan PPS Kecamatan Bunguran Selatan tersebut, dipimpin langsung Kepala Puskesmas Kecamatan Bunguran Selatan dr. Kamisah dan diikuti oleh staf puskesmas. “Makanya hari ini, sekaligus Bimtek dan diselenggaran bersama dengan pemeriksaan rapid test,” kata Kamsiah kepada koranperbatasan.com Senin, 13 Juli 2020.

Kamisah menyebutkan, terlaksananya kegiatan rapid test tersebut, merupakan tindak lanjut dari arahan Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna. “Terlaksananya kegiatan ini tindak lanjut dari arahan Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna. Sebelumnya ada surat, mungkin dari KPU ditujukan ke dinas kesehatan, terkait pemeriksaan rapid test untuk seluruh anggota PPK dan PPS di Kecamatan,” sebut Kamisah.

Kamisah juga menerangkan, kegiatan rapid test yang dilakukan terhadap seluruh anggota PPK dan PPS tersebut, meliputi pemeriksaan berat badan, tinggi badan, gula darah, dan dilanjutkan dengan pemeriksaan rapid test. “Kegiatan ini juga sejalan dengan kegiatan pemeriksaan terpadu untuk anggota PPK dan PPS sendiri. Mulai dari pemeriksaan berat badan, tinggi badan, pemeriksaan gula darah, serta faktor resiko penyakit tidak menular dan terakhir kita lakukan pemeriksaan rapid test Covid-19,” terang Kamisah.

Lanjut Kamisah menjelaskan, rapid test ini bertujuan untuk mencegah penularan Covid-19 pada seluruh anggota PPK dan PPS di lingkungan Kecamatan Bunguran Selatan dan menjadi syarat sebelum mereka diturunkan ke masyarakat. “Tujuan pertama untuk pencegahan penularan Covid-19. Jadi semua anggota PPK dan PPS sebelum mereka melaksanakan tugas di lapangan, harus benar-benar dilakukan screening awal untuk membuktikan bahwa hasilnya non reaktif atau tidak terpapar Covid-19,” jelas Kamisah.

Selaku Kepala Puskesmas, Kamisah berharap pandemi Covid-19 segera berakhir dan menghimbau kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. ”Saya berharap  pandemi Covid-19 segera berakhir. Kami dari Puskesmas menghimbau kepada masyarakat untuk melaksanakan tiga anjuran dari pemerintah terkait protokol kesehatan yaitu, menggunakan masker, sering mencuci tangan menggunakan sabun serta menghindari kerumunan,” harap Kamisah. (KP).


Laporan : Johan/Riduan





Memuat...