Bakti Sosial Lanudal Matak Memperbaiki Fasilitas Umum Pelabuhan Matak Kecil

Terbit: oleh -42 Dilihat
Suasana bakti sosial Lanudal Matak saat memperbaiki bagian dermaga yang sudah tidak layak

ANAMBAS – Terhitung sejak Kamis, 9 September 2021 lalu, di Pelabuhan Matak Kecil, Desa Matak Kecamatan Kute Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas, Lanudal Matak, satuan jajaran di bawah Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) melaksanakan bakti sosial.

Kegiatan yang dilakukan oleh Lanudal Matak tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan HUT Ke-76 TNI AL yang mengacu pada kegiatan besar gawai TNI Angkatan Laut sebagai wujud kepedulian TNI Angkatan Laut terhadap rakyat.

Melalui kegiatan tersebut, Lanudal Matak melakukan perbaikan sarana yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Matak sebagai wilayah kepulauan yaitu memperbaiki Pelabuhan Matak Kecil.

Dermaga Pelabuhan Matak Kecil ini merupakan fasilitas penting yang digunakan sehari-hari oleh masyarakat Matak/Anambas pada saat melaksanakan perjalanan keluar/masuk wilayah Matak melalui jalur laut.

Dimana kondisi atap dan tiang-tiang di dermaga sebelumnya terlihat cukup memprihatinkan, sehingga Lanudal Matak berinisiatif membantu warga agar lebih terasa nyaman beraktifitas di dermaga, dengan cara melaksanakan perbaikan bagian-bagian dermaga yang sudah tidak layak.

Menurut Danlanudal Matak Mayor Laut (P) Agus Bakhrudin, perbaikan yang dilaksanakan adalah mengganti seluruh atap dermaga yang sebagian sudah hilang dan sebagian lagi rusak, serta melaksanakan penguatan tiang-tiang yang keropos karena karat serta pembuatan pagar pembatas.

Kegiatan yang berlangsung sampai Senin, 13 September itu, terpantau lebih lambat dari waktu yang telah direncanakan, karena kondisi cuaca di Matak sering turun hujan. Akan tetapi kegiatan bakti sosial tetap berjalan dengan aman dan lancar. Alhasil fasilitas dermaga Pelabuhan Matak Kecil sekarang menjadi semakin lebih baik dan terlihat indah dari sebelumnya.

Atap dermaga sudah tertutup, tiang-tiang penyangga juga sudah diperkuat bahkan diberi warna begitu juga dengan pagar pembatas yang sudah rusak/hilang kini dibuatkan lebih kuat dan rapi.

Dalam kegiatan itu, Lanudal Matak juga melibatkan warga masyarakat setempat khususnya warga yang tinggal di sekitar pelabuhan serta warga  yang pada saat itu melintas di dermaga dan menyempatkan diri ikut membantu.

Mayor Laut (P) Agus Bakhrudin selaku Komandan Lanudal Matak berharap dengan kegiatan bakti sosial ini, dapat mengajak masyarakat untuk lebih peduli dengan fasilitas umum yang ada di Matak, menjaga dan merawatnya serta dapat memanfaatkannya dengan baik.

Wujud kepedulian TNI AL melalui Lanudal Matak ini diharapkan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat sehingga kebersamaan TNI dengan rakyat akan semakin kokoh.

Kegiatan yang dilaksanakan Lanudal Matak ini selaras dengan tema Hari Jadi Ke-76 TNI Angkatan Laut tahun 2021 yaitu “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI AL Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh” yang dapat berjalan dengan aman dan lancar berkat didukung dari aparat pemerintah daerah yang ada di Matak, baik dari Kecamatan Kute Siantan maupun Kecamatan Palmatak. (KP).


Laporan : Azmi Aneka Putra


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *