Sekda Lantik Pengurus FTBM Anambas Saat Pelatihan Komunitas Literasi

Terbit: oleh -22 Dilihat
Sekda Anambas, Sahtiar, SH, MM saat melantik Pengurus Forum Taman Bacaan Masyarakat Anambas

ANAMBAS – Sebagai upaya meningkatkan wawasan serta literasi masyarakat terhadap minat baca dan menulis. Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Riau melaksanakan kegiatan Pelatihan Komunitas Literasi Se-Kabupaten Kepulauan Anambas yang berlangsung di Anambas Resort, Selasa, 15 Maret 2022.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari mulai dari tanggal 15-17 Maret 2022, dihadiri oleh Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Indonesia, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepri, Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Asisten III, Kepala Perpustakaan Daerah Anambas, Perwakilan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga serta para peserta pelatihan.

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan pelantikan Pengurus Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kabupaten Kepulauan Anambas priode 2022-2027 oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Sahtiar, SH, MM. Terpilih sebagai Ketua FTBM Hedtiandri, SH., MH, Sekretaris Hettiandra, S.Sos., M.IP dan Bendahara Azizah S.Pd serta tujuh orang anggota.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepri, Asep Juanda, S.Ag, M.HUM menyebutkan melalui literasi memberikan edukasi kepada generasi-generasi melenial diharapkan dapat mengangkat sastra Provinsi Kepri ke taraf nasional bahkan internasional.

“Terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah berperan dalam mendukung dan mendorong perkembangan TBM di Kabupaten Kepulauan Anambas,” ucapnya.

Usai pelatihan, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepri, Asep Juanda S.Ag, M.HUM poto bersama peseta dan Pengurus FTBM Anambas.

Asep Juanda, juga menyebutkan bahwa TBM Anambas adalah TBM terbesar di Kepri dengan jumlah koleksi buku lebih kurang 3500 buah buku.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Sahtiar, SH, MM mengungkapkan betapa pentingnya peran dari pengurus atau penggerak FTBM dalam memberikan literasi baik itu membaca, menulis, budaya dan lainnya kepada masyarakat dan generasi di daerah dalam upaya mengembangkan serta mewujudkan generasi yang cerdas.

“Semangat dari pengelola FTBM sangat dibutuhkan dalam pengembangkan, melaksanakan tugas memberikan motivasi kepada masyarakat dan generasi melenial sehingga memiliki minat dan daya tarik dalam membaca buku serta mengembangkan wawasan dalam bersosialisasi,” ungkap Sahtiar.

Sementara itu, Ketua FTBM Kabupaten Kepulauan Anambas, Hedtiandri, SH, MH melalui kegiatan ini berharap semoga TBM di Anambas terus bertambah dengan program yang diharapkan kedepannya  minimal 1 kecamatan sudah memiliki TBM.

“Kepada generasi milinial saat ini, saya berharap mulailah dari sekarang memiliki sifat kepedulian dan sosial, sudah saatnya generasi muda bermanfaat buat masyarakat,” ajak Hedtiandri. (KP).


Laporan : Azmi Aneka Putra

Kontributor : Diskominfotik Anambas


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *