Kolonel Laut Herry Setyawan Sebut Anugerah Kenaikan Pangkat Bukan Hadiah  

Terbit: oleh -32 Dilihat

NATUNA (KP),- Komandan Pangkalan TNI AL Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, S.E, Senin, (01/04/2019) dini hari memimpin upacara kenaikan pangkat sejumlah Bintara dan Tamtama Lanal Ranai beserta prajurit Kompi Komposit Marinir Setengar bertempat di lapangan apel Mako Lanal Ranai Kabupaten Natuna.

Dalam sambutannya Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, S.E mengatakan, dalam kehidupan militer, kenaikan pangkat merupakan penghargaan dan kehormatan atas prestasi, kerja keras dan dedikasi yang telah ditunjukan oleh para prajurit, dalam melaksanakan tugas pengabdiannya kepada bangsa dan negara.

Oleh karena itu, kenaikan pangkat ini wajib disyukuri dengan hati yang tulus sebagai sebuah anugerah, sekaligus disikapi sebagai sebuah tantangan yang menuntut semakin meningkatnya kedewasaan dalam berpikir, bersikap dan berbuat sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

“Anugerah kenaikan pangkat ini bukan merupakan suatu hadiah, melainkan suatu keprcayaan dari pimpinan TNI, Bangsa dan Negara dan juga merupakan suatu amanah dari Tuhan Yang Maha Kuasa,” terang Herry Satyawan.

Menurut Herry Satyawan, kenaikan pangkat ini juga  sebagai suatu kepercayaan dan menuntut kepada setiap prajurit untuk mempertaruhkan semua kemampuan yang dimiliki untuk kepentingan dinas atau satuan agar senantiasa dapat melakukan yang tetbaik, selaras dengan pangkat dan jabatan yang disandangnya.

Herry Satyawan berharap agar setiap prajurit yang naik pangkat dapat menjalankan kepercayaan dan amanah tersebut dengan sebaik-baiknya, serta dapat meningkatkan kinerja secara optimal untuk memajukan organisasi TNI AL khususnya di Lanal Ranai dan Kompi Komposit Marinir.

Lebih jauh lagi Herry Satyawan menegaskan bahwa kenaikan pangkat satu tingkat merupakan salah satu kesejahteraan bagi setiap ptajurit. “Tetapi untuk mendapatkan kenaikan pangkat seperti ini tidak diperoleh dengan mudah begitu saja, melainkan harus diperjuangkan dengan memenuhi kriteria persyaratan yang ada, yaitu secara administrasi, kesamaptaan yang baik serta penilaian atasan terhadap sikap serta kinerja personel tersebut sehari-hari,” tuturnya.

Dengan menyandang pangkat satu tingkat lebih tinggi, maka tanggung jawab yang diberikan dapat dilaksanakan dengan baik sebagai perwujudan prajurit profesional dan harus mampu mengimbangi tuntutan tugas dengan sikap dan perilaku yang lebih baik bermakna di lingkungan tugas dan lingkungan sekitar.

Diakhir sambutan, Herry Satyawan memberikan ucapan selamat kepada prajurit Lanal Ranai dan Kompi Komposit Marinir yang pada hari ini naik pangkat, semoga bisa menjadi pemicu semangat dalam bertugas dan menambah kesejahtraan bagi keluarganya.

Peresmian kenaikan pangkat prajurit Lanal Ranai dan Kompi Komposit Marinir diwarnai dengan “tradisi voordebog dan penyiraman air kembang” oleh Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, S.E terhadap 18 prajurit yang terdiri dari prajurit Lanal Ranai 13 personil (6 personel Bintara dan dan 7 personel Tamtama), serta 5 prajurit Kompi Komposit Marinir terdiri dari 3 Bintara dan 2 Tamtama.

Tradisi Voordebog merupakan tradisi TNI AL, dimana diberlakukan bagi prajurit TNI AL yang naik pangkat menjadi Kopral Dua (Kopda) yaitu pada saat pengukuhan pangkat baru menggunakan pakaian dinas upacara. Setelah dikukuhkan pangkat barunya apabila berada di KRI maka personel tersebut akan diceburkan ke laut dengan cara dilempar dari haluan KRI, namun karena berada di pangkalan, sebagai gantinya personel yang naik pangkat Kopda dimasukkan kedalam kolam atau disemprot dengan air dari mobil Damkar. (KP).


Laporan : M. Rozali

Editor : Cherman


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *