Bupati Tanggamus Terima Penghargaan Atas Pagelaran Busana Adat Lampung

oleh -496 views
Ketua Dewan Pembina Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Tanggamus yang juga Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani menerima penghargaan

BANDAR LAMPUNG (KP),- Ketua Dewan Pembina Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Tanggamus yang juga Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani, menghadiri pelantikan Pengurus Dekranasda Provinsi Lampung periode 2019-2024 di Balai Keratun Komplek Kantor Gubernur Lampung, Teluk Betung, Selasa, 03 September 2019.

Hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur Provinsi Lampung, Ir. Arinal Djunaidi, Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, Ketua DPRD Provinsi Lampung, Wakapolda Lampung, Ketua Organisasi Wanita Provinsi Lampung, Dewan Penasehat Dekranasda serta Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota se- Provinsi Lampung.

Ada yang unik dalam kegiatan tersebut, dimana Bunda Dewi  mengikuti pagelaran busana adat Lampung. Selain dirinya, turut juga para Pembina dan Ketua Dekranasda se-Provinsi Lampung, yang tentunya mendapatkan perhatian antusias dari semua yang hadir. Dalam kesempatan itu, Bunda Dewi juga menerima penghargaan dari Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Ny. Riana Sari Arinal atas partisipasinya dalam mengikuti pagelaran busana adat Lampung.

Ketua Dekranasda Ny. Riana Sari Arinal dalam sambutannya berharap agar jajaran Dekranasda di Provinsi Lampung benar-benar serius dalam mengemban tugas. “Selain itu agar Dekranasda dapat merangkul seluruh masyarakat yang memiliki minat dan perhatian dibidang kerajinan, sehingga bidang seni dan kerajinan ini dapat dikembangkan semaksimal mungkin sebagai salah satu upaya melestarikan budaya di Provinsi Lampung,” katanya.

Selanjutnya Gubernur Lampung mengatakan peran Dekranasda sangat diperlukan dalam memperhatikan dan meningkatkan kepentingan perajin dengan mendorong  semangat berwira usaha dan mempromosikan produk hasil kerajinan dengan mengikuti pameran dalam rangka perluasan pasar didalam dan luar negeri.

“Untuk mewujudkan itu perlu dilakukan fasilitas dan pembinaan terhadap para perajin dalam upaya meningkatkan daya saing melalui peningkatan  kualitas, desain, kemasan dan branding,” kata Gubernur.



Usai kegiatan, Bupati Tanggamus selaku Pembina Dekranasda Tanggamus menyatakan mendukung program kerja yang dilakukan Dekranasda Provinsi dan Dekranasda Kabupaten Tanggamus. “Saya berharap sinergitas program dapat berjalan demi kemajuan pengrajin dan mendorong terciptanya peningkatan kesejahteraan pengrajin dan masyarakat,” ujarnya.

Sementara Ketua Dekranasda Tanggamus Ny. Nuraini Lubis menambahkan pihaknya akan menindaklanjuti himbauan Ketua Dekranasda dan Gubernur Lampung.

“Sesegera mungkin harus dilaksanakan di Kabupaten Tanggamus, seperti memberikan pembinaan dan pelatihan kerajinan kepada siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) di Tanggamus. Mengumpulkan pengrajin baik yang sudah besar atau pemula untuk membuat batik dengan mengangkat motif belah ketupat baik kainnya juga. Mudah-mudahan bisa berkembang sampai go internasional. Dekranasda Tanggamus juga akan mengadakan lomba kain sarung dengan motif khas Tanggamus yakni belah ketupat,” ungkapnya. (KP).


Pewarta : Arzal



Memuat...