Kapal Muatan BBM PLN Pulau Laut Tenggelam di Perairan Kelarik  

oleh -1.217 views
KM.-Cahaya-Samudra-GT-23-yang-di-Nakhodai-oleh-Fredy-bermuatan-BBM-jenis-Solar-milik-PT.-PLN-Pulau-Laut-sebanyak-20-ton-tenggelam-di-laut-Kelarik

NATUNA (KP),- Anggota Pos Angkatan Laut (Posal) Sedanau Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri, Kamis, 11 Juli 2019 berhasil menyelamatkan nakhoda dan Anak Buah kapal (ABK) KM. Cahaya Samudra yang tenggelam disekitar perairan Kelarik, Kecamatan Bunguran Utara.

Kepada media ini Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, SE menjelaskan sekira pukul 08.15 WIB, Personil Posal Sedanau menerima laporan dari salah seorang warga Sedanau yang menyatakan bahwa telah terjadi kecelakaan sebuah kapal kayu di perairan Kelarik, Kecamatan Bunguran Utara.

Setelah mendapat laporan tersebut, personil Posal Sedanau langsung melakukan aksi upaya pertolongan dengan mendatangi lokasi kejadian menggunakan perahu karet mesin 40 PK milik Posal Sedanau.

“Saat di lokasi, kapal sudah tenggelam, personil langsung menyelamatkan orangnya dan membawa ke Sedanau untuk di beri pertolongan lebih lanjut,” ujar Danlanal.

Setelah selesai melakukan pertolongan, Posal Sedanau langsung menginformasikan ke Syahbandar posisi kapal yang tenggelam dan melaksanakan pengecekan surat-surat serta adminstrasi kelengkapan kapal dengan keterangan lengkap.

Diketahui KM. Cahaya Samudra GT-23 yang di Nakhodai oleh Fredy bermuatan BBM jenis Solar milik PT. PLN Pulau Laut sebanyak 20 ton yang dimuat dari Pertamina Selat Lampa, kemudian akan di kirim ke Pulau Laut untuk kebutuhan PLN di Pulau Laut.

Dugaan penyebab kecelakaan laut dikarenakan kapal menabrak karang sehingga kapal tersangkut di atas karang yang mengakibatkan kapal mengalami kebocoran. Akibat kecelakaan ini, muatan BBM sebanyak 10 ton dapat diselamatkan, selebihnya tidak bisa diselamatkan karena drum mengalami kebocoran, sehingga BBM bercampur air laut. Selain itu ada juga drum yang hanyut terbawa arus. (KP).


Laporan : Jali