Peduli Lansia, Bupati Kunjungi Posyandu Nusa Indah Kampung Pisang

0
35
Bupati-Kabupaten-Bintan-Provinsi-Kepri-H.-Apri-Sujadi-S.Sos-saat-berkunjung-ke-Posyandu-Nusa-Indah-Kelurahan-Kijang-Kota-Kecamatan-Bintan-Timu

Bintan, (KP), Kesehatan Golongan Lanjut Usia (Lansia) tak luput dari perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Bintan. Dalam kunjungannya ke Posyandu Nusa Indah, Kelurahan Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur, Rabu (18/4).

Bupati Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri, H. Apri Sujadi, S.Sos menerangkan bahwa pada tahun ini, dirinya akan mengedepankan dan mengaktifkan fungsi dan peranan Posyandu, utamanya dalam pelayanan kepada Lansia. Menurutnya dengan peranan dan fungsi Posyandu Lansia, merupakan suatu hal yang dirasa penting karena Lansia memiliki kebutuhan kesehatan yang berbeda. ” Peranan dan fungsi Posyandu Lansia ini untuk memberdayakan lansia agar mandiri serta dapat meningkatkan kualitas hidup mereka, ” sebut Apri.

Apri, menerangkan ada beberapa prioritas program Lansia yang sudah digagas oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan. Diantaranya dengan mengaktifkan Komda (Komisi Daerah) Lansia Kabupaten Bintan, disamping beberapa program yang sebelumnya sudah digagas seperti Posbindu Mobile. ” Kita sudah meminta Dinas Kesehatan, untuk mendata kembali jumlah Posyandu yang dimiliki Kabupaten Bintan. Beberapa program juga akan kita gerakkan melalui peranan Posyandu. Jadi kesehatan Lansia selain melalui Posbindu Mobile ketiap-tiap rumah , maka kita mengaktifkan peranan dan fungsi Posyandu Lansia yang bermanfaat bagi jaminan kualitas kehidupan para Lansia kita, ” ujar Apri.

Apri menerangkan, bahwa dirinya juga sudah meminta Dinas Kesehatan, untuk menghitung kembali jumlah posyandu aktif serta mewacanakan besaran insentif yang diperuntukkan bagi petugas kesehatan di Posyandu. ” Kita juga sedang menunggu Laporan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan, terkait validasi dan verifikasi jumlah Posyandu yang aktif di Kabupaten Bintan. Kita juga mewacanakan dan merancang untuk menaikkan insentif bagi petugas Posyandu, ” terang Apri.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan dr. Gama Isnaini menjelaskan bahwa saat ini jumlah Posyandu Lansia di Kabupaten Bintan  yang terdata sebanyak 156 Posyandu. Namun , dirinya menegaskan bahwa 156 Posyandu tersebut akan diverifikasi kembali, mengingat ada beberapa Posyandu yang tidak aktif serta jarak Posyandu yang berdekatan. ” Kita akan verifikasi kembali keberadaan Posyandu, karena ada beberapa Posyandu yang lokasi nya berdekatan sehingga tidak efektif, ” jelas Gama.

Sejalan dengan itu, Bupati Kabupaten Bintan, H. Apri Sujadi, S.Sos bersama Ketua TP PKK Kabupaten Bintan Ibu Hj Deby Maryanti secara langsung mengunjungi pelayanan 135 Lansia dan 119 Pra Lansia di Posyandu Lansia Nusa Indah, Kampung Pisang, Kelurahan Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur, Rabu (18/4). Dalam hal ini, Apri berkeinginan untuk menggerakkan kembali fungsi pelayanan Posyandu Lansia, setelah dirinya mengaktifkan Komda Lansia dan Posbindu Mobile. (Ambok, Media Centre Bintan).

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here