Rapat Koordinasi dan Evaluasi Satgas Karhutla di Kalsel

oleh -104 views
Satgas-Karhutla-Kalsel-bersama-BNPB-pusat

BANJARBARU (KP),- Tepatnya pada hari Jum’at, 13 September 2019, telah diadakan Rapat Kooradinasi (Rakor) dan Evaluasi Satgas Karhutla Kalsel. Kegiatan digelar di ruang H. Maksid Komplek Perkantoran Setdaprov Kalsel.

Menurut Kabid Kedaruratan dan Logistik, Abriansyah Alam, kegiatan bertujuan untuk memantapkan langkah penanganan Karhutla. Seperti diketahui Karhutla sudah terjadi setiap tahun dan hanya di enam provinsi, meskipun Kalsel masih terbilang aman dibandingkan lima provinsi yang lain.

Katanya bukan berarti kita senang, melainkan harus ada penanganan yang tepat untuk mengurangi terjadinya Karhutla, yakni solusi permanen salah satunya dengan partisipasi Dinas Pertanian agar menyerukan kepada petani supaya tidak membakar lahan dalam bercocok tanam.

Lebih lanjut Alam menjelaskan semua ini harus ada sinergi BNPB, BPBD dan Satgas Karhutla daerah, ini awal langkah yang diambil walaupun bisa dikatakan terlambat.

Sementara itu Tenaga Ahli BNPB Mayjen (Purnawirawan) TNI Drs. Amrin yang datang ke Kalsel untuk monitoring dan evaluasi mengatakan, semua unsur yang ada di pusat maupun daerah harus bergerak dalam penanganan Karhutla.

Jangan sampai setengah-setengah dalam menanganinya. Karena biaya yang dikeluarkan oleh pemerintah tidak sedikit, selain itu dampaknya tidak hanya secara nasional melainkan dunia. (KP).


Pewarta : Adam Subayu