Balai Pelestarian Nilai Budaya Gelar Seminar Hasil Kajian Sepanjang Tahun 2019

oleh -412 views
Suasana-saat-berlangsungnya-seminar-hasil-kajian-BPNB-tahun-2019

TANJUNGPINANG (KP),- Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Provinsi Kepulauan Riau wilayah kerja Provinsi Kepri, Riau Jambi dan Bangka Belitung, Toto Sucipto membuka secara resmi, seminar hasil kajian tahun 2019.

Seminar yang diikuti oleh berbagai kalangan masyarakat, guru, dosen, mahasiswa dan istansi yang ada di Kota Tanjungpinang tersebut berlangsung di Hotel Pelangi Tanjungpinang mulai dari tanggal 23-24 Oktober 2019. Sebanyak 12 penyaji dari peneliti BPNB, kemudian dari unsur pembahas panitia menghadirkan Prof. Dr. Phil Gusti Asnan dan Dr. Linda Sunarti, M. Hum serta Dr. Semiarto Aji Purwanto.

Ketua Panitia Kegiatan, Novendra kepada koranperbatasan.com, mengatakan kegiatan seminar hasil kajian ini adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan dari bulan Januari sampai Desember dan kini sampai pada tahap ahir dari penelitian lapangan. Sebelumnya telahpun dilaksanakan kegiatan bedah proposal, untuk kajian yang akan di laksanakan untuk tahun 2019.

“Setelah penelitian lapangan, menulis laporan penelitian, lalu hari ini kita mintakan kepada para peneliti untuk menyampaikan hasil temuan pada seminar ini. Kita mengharapkan ada masukan terhadap tulisan yang akan dipublikasikan. Baik itu dalam bentuk buku ataupun yang lainnya. Kemudian nantinya akan disebarkan kepada masyarakat,” terang Novendra.

Ditambahkannya bahwa BNPB tugas dan fungsinya salah satu adalah pendokumentasian warisan budaya yang ada di masyarakat. Tentunya juga diharapkan dapat dilestarikan dan pada ahirnya dapat dikenal oleh masyarakat.



Adapun bahan kajian yang diseminarkan pada kajian 2019 kali ini diantaranya adalah, kajian sejarah pendidikan di Pulau Belitung Provinsi Babel. Kajian jalur perdagangan di Indra Giri Hilir Provinsi Riau. Kajian perkembangan musik kelintang perunggu di Kabupaten Tanjung Jabung Timur Jambi. Kajian perkembangan tari merawai di Kabupaten Lingga Provinsi Kepri. Kajian pertunjukan teater tradisi Dul Muluk di Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

Kajian kesenian senjang di Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, kajian upacara penabalan gelar adat Melayu Riau di Pekanbaru Provinsi Riau. Aruk makanan orang di Kabupaten Bangka Provinsi Babel. Kajian penggawe adat dalam masyarakat Melayu Belitung, kajian kesenian rarak godang di Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau. Analisis naskah nurul huda, dan kajian naskah kuno iblis rumah tangga. (KP).


Pewarta : Effendi Abidin



Memuat...