Tahanan Baturaja Oku Tunjukan Hasil Karya Binaannya

oleh
Salah-satu-hasil-kerajinan-binaan-Rumah-Tahanan-Negara-Baturaja-Kabupaten-Oku

BATURAJA, (KP),- Rumah Tahanan Negara Baturaja Kabupaten Oku, ikut serta memeriahkan Hari Ulang Tahun Kabupaten Ogan Komering Ulu (Oku) yang ke-108. Keikut sertaan Rutan Baturaja tersebut dalam rangka pagelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) dimulai tanggal 25 sampai dengan 29 Juli 2018 se-Provinsi Sumatera Selatan yang diselenggarakan di halaman Gedung Olahraga Baturaja Oku, pada Rabu (25/07/2018).

Kepala Rutan Baturaja Kabupaten Oku, Herdianto, mengatakan kreasi yang ditampilkan dari Rutan Baturaja diantaranya berbagai hasil kerajinan warga binaan seperti kerajinan  tangan, dengan berbagai bentuk, ada kaos khas dari rutan, tas yang terbuat dari tali kur serta lukisan dan patung yang bahannya dari kertas koran. Pada kesempatan tersebut juga Kepala Rumah Tahanan Baturaja  Herdianto menjelaskan, karya warga binaan seperti, asbak rokok, miniatur tanduk rusa, dan juga patung-patung yang dipamerkan, semua terbuat dari bahan kertas koran, ujarnya.

Kegiatan ini murni untuk mengenalkan karya warga binaan agar dapat dikenal oleh masyarakat, bahwa teman-teman warga binaan di dalam rutan juga memiliki karya yang bisa di banggakan, ujar Herdianto. Salah satu pengunjung stand bernama Said asal Baturaja Timur sangat antusias melihat hasil karya warga binaan yang di pamerkan di stand Rumah Tahanan Baturaja, saudara Said juga ikut membeli karya warga binaan dan berfoto bersama.

Ditambahkan Kepala Rutan, Herdianto mengungkapkan, bukan kemauan mereka melakukan tindak pidana, tetapi hanya keterpaksaan belaka, kami berharap setelah keluar, mereka dapat terus berkreasi tidak hanya di dalam Rutan tetapi juga ditengah-tengah masyarakat. Banyak pengunjung yang ingin membeli hasil karya warga binaan, namun karena barangnya terbatas maka pengunjung hanya dibatasi jumlah pembelian hasil kerajinan tersebut, jelasnya.

Saat ini bisa lihat bahwa ada proses pembinaan potensi-potensi yang ada dalam Rumah Tahanan Baturaja Oku Masyarakat akan bisa menilai hasil kerja keras teman-teman. Tak hanya menampilkan karya narapidana, Pameran Teknologi Tepat Guna yang sedianya dibuka oleh Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin diwakilkan kepada Asisten III Prof Dr Eduar Juliartha, akhirnya tepat pukul 14.00 WIB TTG se-Sumsel dibuka secara resmi.

Dalam pembukaan TTG tersebut, turut hadir Kadin PMD Sumsel H Yusnin, Ketua DPRD Sumsel H Uzer Effendi, Bupati Oku, H Kuryana Azis, Wabub Oku Johan Anuar, Ketua DPRD Oku Zaplin Ipani, Pj Bupati Muara Enim Teddy Meilwansyah, Dandim 0403/ Oku Letkol Arm Agung Widodo, Wakapolres Oku, perwakilan pejabat Kabupaten/Kota se-Sumsel, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan tamu undangan lainnya. Rangkaian pembuka acara TTG Sumsel tahun 2018 lainnya meliputi Dramband, Seni Tari khas Oku asuhan Hj Badiar Dewi Kuryana, pameran keunggulan TTG produksi masing-masing Kabupaten/Kota. (Syahril).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *