Yakin Dengan Potensi Dimiliki, Kades Merawang Optimis Menang

oleh -79 views
banner 728x90

LINGGA (KP), – Pemeritah Desa Merawang, Kelurahan Daik, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau mengikuti lomba desa tingkat kabupaten tahun 2019, Kamis (23/05/19). Lomba berlangsung di ruangan rapat Kantor Desa Merawang.

Kades Merawang M Zahit pada kesempatannya mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh semua stak holder di pemerintahan desanya seperti, RT/RW, LAM Desa dan staf administrasi Desa Merawang.

“Hari ini desa kami mengikuti lomba desa yang digelar ditingkat Kabupaten Lingga,” ujar M Zahit kepada wartawan, Kamis siang.

Dijelaskan Zahit, desa yang dipimpin oleh dirinya dan seluruh staf yang terus mendukung, kata dia memiliki potensi alam dan kreativitas dari masyarakat yang cukup baik, dengan begitu ia pun optimis nantinya penilaian juri bakal menuai hasil.

“Pontensi disini sangat bagus, awalnya saya bercocok tanam sahang dari 2016, tapi setelah dua tahun belakangan ini, Alhamdulillah nyatanya masyarakat merawang kurang lebih selitar 70 KK sekarang sudah bertanam sahang. Jadi di rumah masing-masing warga bisa menghasilkan 200-300 kg. Intinya untuk hidup sehari-hari warga setempat bisa tercukupi,” ucapnya.

Mengenai pembangunan, masih menurut Zahit, Desa Merawang begitu cepat dan strategis, terbukti dengan pembangunan konter-konter atau lapak-lapak dagang yang berada di tengah desa.

“Desa Merawang kini mampu membangun ekonomi kreatif ditengah masyarakat, seperti pembuatan kerajinan anyaman dan makan berbahan sagu (Lakse),” ujarnya.

Terhitung dari 2017 hingga 2018, Desa Merawang sudah bisa meningkat beberapa pembangunan proritas seperti pembuatan saluran parit, semenisasi, dan membuka akses kepemukiman warga yang dananya bersumber dari anggaran alokasi dana desa (ADD).

“Jadi, Desa Merawang ini perkembangannya sangat luar biasa, wajar saja jika dalam pembangunan ada yang menguntungkan dan ada merugikan,” sebutnya.

Semua usaha itu tidak terlepas dari dukungan warga, bahkan demi meningkatkan SDM warga Desa Merawang sendiri, yang mandiri dan kreatif, Zahit sudah memiliki rancangan-rancangan strategis untuk peningkatan untuk desanya, seperti pasar.

“Saya memiliki cita-cita, pasar tersebut saya sterilkan dan saya rehab, supaya pasar itu semakin maju untuk di kembangkan oleh Bumdes nanti, orang-orang dapat menyewa pasar itu, intinya dengan penghasilan besar,” jelas dia.

Hadir dalam kegiatan lomba desa tingkat kabupaten tahun 2019 di Desa Merawang tersebut, perwakilan Dinas Pendidikan, BPBD, DPMD, Tata Pemerintahan di Sekda Lingga, LAM Desa, serta seluruh RT dan RW se-Pemerintah Desa Merawang. (Simarmata)

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *