13 Tokoh Terima Anugerah Batam Madani di Hari Jadi Kota Batam

oleh -338 views
Sebanyak-13-tokoh-pembangunan-Kota-Batam-saat-menerima-penghargaan-di-Hotel-Swiss-Bel-Batam

BATAM (KP),- Sempena Hari Jadi Ke-190 Kota Batam (HJB) Pemerintah Kota (Pemko) Batam memberikan Anugerah Batam Madani (ABM) kepada 13 tokoh pembangunan Batam dan 12 tokoh kecamatan, Rabu (18/12) malam di Hotel Swiss Bel.

Penghargaan ABM diserahkan oleh Walikota Batam, Muhammad Rudi, Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad, Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto yang diwakili Muhammad Kamaluddin, Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah dan Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin. Malam itu juga hadir Ketua TP PKK Kota Batam, Marlin Agustina Rudi. Masing-masing tokoh yang berkontribusi dalam membangun Batam menerima selempang, pin dan piagam penghargaan.

Tokoh bidang pertanahan diberikan kepada Sofyan Djalil, merupakan salah satu menteri kabinet Indonesia maju yang berasal dari kalangan profesional. Saat ini, pria kelahiran Aceh Timur, Aceh, Indonesia, 23 september 1953 kembali diamanahkan menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (Menteri ATR/BPN). Bagi Batam, Sofyan Djalil berperan besar dalam memperjuangkan penyelesaian sertifikat tanah untuk 37 titik kampung tua di Pulau Batam

Bidang pengusaha, penghargaan ABM diterima oleh Mike Wiluan, Chief Executive Infinite Frameworks Studio, Kinema Studio Nongsa. Perusahaan yang dipimpinnya ini telah menjadi perusahaan dengan berbagai award yang terkenal akan produksi-produksi visual effect dan animasi. Pria kelahiran Singapura 43 silam telah membawa nama Batam dikenal di kancah nasional maupun internasional.

Tokoh bidang social, penghargaan ABM diberikan kepada Puji Astuti. Puji Astuti merupakan Bhayangkari yang handal di bidang pencegahan dan perlindungan bagi korban kekerasan anak dan perempuan di Batam. Ia juga aktif di pusat pelayanan terpadu pemberdayaan perempuan dan anak (P2TP2A) Kota Batam.

Berikutnya penghargaan diberikan kepada tokoh perempuan, HJ. Betty Asmeri yang aktif di organisasi wanita Bundo Kanduang Batam. Kiprahnya juga berperan dalam majelis Badan Kontak Majelis Taklim Kota Batam dan menyantuni anak yatim dan dhuafa. Wanita kelahiran padang, 6 februari 1956 ini pernah membawa nama Batam di Museum Rekor Indonesia memasak rendang terbanyak. Bidang tokoh keagamaan, penghargaan ABM diterima Oleh Sarbaini, yang berkiprah dalam mengembangkan pendidikan keagamaan khususnya taman pendidikan Al Quran atau TPQ.

Bidang Sosial Budaya penghargaan ABM diberikan Pemko Batam kepada Tengku Othman Bin Tengku Abdul Aziz, merupakan zuriat Sultan Mahmud Riayat Syah 3. Bi bidang adat istiadat melayu diterima oleh M Syahir, sebagai Ketua Harian Lembaga Adat Melayu Kota Batam. Selanjutnya ada Edward Brando sebagai penerima penghargaan di bidang Kepemerintahan/Legislatif yang telah menjabat sebagai anggota DPRD Kota Batam selama 4 periode sejak tahun 2004 hingga kini. Kini ia menjabat sebagai Anggota Komisi II bidang ekonomi, keuangan dan industri.



Selanjutnya ada Dr. Mawardi Badar yang menerima penghargaan di bidang kesehatan lingkungan. Ia terus mendedikasikan dan mengabdikan ilmunya kepada masyarakat sebagai ketua Stikes Mitra Bunda Persada. Di bidang kesehatan masyarakat hinterland penghargaan diterima Dr. Tengku Afrizal Dahlan yang menaruh perhatian besar dibidang kesehatan khususnya di kawasan Hinterland. Di bidang olah raga, penghargaan diberikan kepada Erzon, sebagai pelatih tinju di Kota Batam. Ia telah berhasil mengantarkan putra asli Batam yang menorehkan prestasi baik di tingkat nasional, regional maupun internasional.

Tahun ini Pemko Batam juga memberikan penghargaan kepada perusahaan, yakni dan PT. Perusahaan Gas Negara Tbk. Belum lama ini, Bright Pln Batam Telah Mengaliri Listrik Hingga Di Daerah Terpencil Di Kota Batam. Dimana, Dua Desa Di Kecamatan Galang, Yakni Desa Kampung Baru Dan Air Lingka. Dalam Program Csrnya Bright Pln Batam berperan aktif salam peningkatan kehidupan masyarakat dan lingkungan. PT. Perusahaan Gas Negara Tbk, sebagai salah satu BUMN di Indonesia.

Mewakili Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Komandan Kodim 0316/Batam, Letkol Ahmad Daud Harahap mengatakan di usia ke-190 Kota Batam sudah banyak keberhasilan yang dicapai. Ini semua menurutnya terwujud karena jerih payah seluruh masyarakat Batam bersama dengan stake holder dan pemimpin di Kota Batam.

“Meski banyak yang sudah dicapai tentu ada juga yang belum berhasil kita capai. Untuk itu kita perlu intropeksi diri sehingga apa yang belum dicapai bisa terwujud di usia Batam kini,” ujarnya.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi atas nama Pemko Batam menyampaikan ucapan terimakasihnya atas kerjasama dan kekompakan yang sudah terjalin selama ini. Ia yakin apabila seluruh institusi bersatu maka Batam akan menjadi hebat. Apa yang sudah dicapai ini menurutnya terwujud atas kerjasama bersama.

“Kerjasama harus berlanjut jika ingin Batam menjadi kota modern. Batam menjadi kota modern sudah di depan pintu. Kebijakan presiden menggabungkan dua institusi itu lampu hijau bagi Kota Batam. Satunya kepemimpinan Pemko Batam dan BP Batam sudah bisa dipadukn untuk menjadikan Batam sebagai kota modern,” paparnya.

Ia mengatakan penghargaan ABM ini diberikan salah satunya kepada Menteri ATR, Sofyan Djalil, karena telah turut memperjuangkan sertifikat Kampung Tua yang ditinggali oleh orang-orang tua bahkan turunan zuriat Nong Isa.

Selain menyerhakan penghargaan ABM, malam itu juga diserahkan hadiah kepada pemenang festival Batam Carnival. Hadiah diserahkan oleh Ketua Dekranasda Kota Batam, Marlin Agustina Rudi. Malam resepsi HJB ini jug menghadirkan artis KDI Dinda Permata yang melantunkan lagu berjudul “Perwira”. (KP).


Editor : Aman

Kontributor : Humas Pemko Batam



Memuat...