Zakarwi Pastikan Penggunaan Anggaran Desa Terealisasi Sesuai Prosedur

Terbit: oleh -1995 Dilihat
Kepala Desa (Kades) Limau Manis Kecamatan Bunguran Timur Laut, Zarkawi, SE, Sy menjawab koranperbatasan.com di Ruang Dinasnya Kantor Desa Limau Manis, Selasa, 25 Juni 2024.

NATUNA – Kepala Desa (Kades) Limau Manis Kecamatan Bunguran Timur Laut, Zarkawi, SE, Sy mengatakan program yang menjadi keinginan pemerintah pusat merupakan skala prioritas didaerahnya. Program tersebut adalah peningkatan satanting dan Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Dalam program tersebut termasuk juga upaya mengatasi persoalan pekerja ketahanan pangan yang ada didaerahnya. Selain itu, ada juga prioritas fisik seperti peningkatan pembangunan infrastruktur jalan, dan hal-hal lain yang terkait dengan keperluan masyarakat.

“Program yang ini sedang berjalan semua, kita merealisasikannya sesuai dengan kemampuan keuangan, karena keuangan bertahap. Dalam satu tahun itu memang sudah dari awal sampai akhir bertahap, jadi kita sesuaikan dengan apa yang kita laksanakan. Maka semua program itu akan berjalan dan alhamdulilah nggak ada hambatan,” terang Zakarwi kepada koranperbatasan.com di Ruang Dinasnya Kantor Desa Limau Manis, Selasa, 25 Juni 2024.

Kata Zakarwi, program-program tersebut menggunakan anggaran Dana Desa (DD) sekitar Rp900 juta lebih. Realisasi anggaran tersebut mengacu kepada Juklak dan Juknis yang telah ada.

“Kita mengikuti peraturan desa yang semuanya sudah ada. Peraturan Desa Nomor 7 tahun 2023 tentang APBDes tahun anggaran 2024. Juklak dan Juknisnya nantikan ada lagi di Kemendes Nomor 6 tahun 2014, itu semuanya sudah tertuang, tinggal kita saja mengikuti. Kita nggak boleh lari dari peraturan itu, harus mengikuti prosedurnya,” ungkap Zakarwi.

Zakarwi memastikan Rp200 juta yang dicairkan pada setiap tahapan dari Rp900 juta lebih selama empat kali dalam satu tahun tersebut telah dan akan digunakan sesuai prosedur.

“Kalau pencairan itu untuk desa empat kali 200 juta, prosesnya tetap kita salin berapa anggaran yang masuk, diutamakan untuk kebutuhan tertentu yang bersifat rutinitas dulu. Penggunaan itu ketika uang sudah masuk, kalau sudah ada uangya baru kita jalankan programnya,” ujar Zakarwi.

Lebih jauh Zakarwi menceritakan kegiatan fisik rencananya akan digunakan untuk peningkatan pembangunan jalan di RT 06. Sebelum mengakhiri, Zakarwi sempat menyampaikan ucapan terima kasih kepada para wakil rakyat yang telah merealisasikan aspirasi masyarakat didaerahnya.

“Kalau fisik kita  belum laksanakan, yang akan dilaksankan nanti mungkin pekerjaan jalan di RT 06. Kepada DPRD kami mengucapkan terima kasih karena setiap aspirasi selalu ada di tempat kita. Termasuk kepada pemerintah daerah kami juga mengucapkan terima kasih karena dimanapun setiap tahapan-tahapan pencairan itu berjalan sesuai harapan, jadi tidak ada kendala,” tutup Zakarwi. (KP).


Laporan : Iskandar

Editor : Dhitto


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *