Desa Kelanga Siapkan Empat Ekor Sapi Kurban

oleh -435 views
Kepala-Desa-Kelanga-Asmuri

KELANGA (KP),- Kepala Desa Kelanga, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri, Asmuri menyebutkan ada empat ekor sapi kurban yang telah disiapkan untuk Hari Raya Idul Adha tahun ini.

Empat ekor sapi kurban tersebut diperoleh dari individu dan kelompok masyarakat setempat. “Jumlah sapi kurban di Desa Kelanga ada empat ekor dan kita sudah kirimkan data ke Kecamatan Bunguran Timur Laut, karena mereka juga meminta datanya,” kata Asmuri kepada koranperbatasan.com di ruang dinasnya, Selasa 21 Juli 2020.

Menurut Asmuri, penyembilan sapi kuraban tersebut akan dilakukan usai mengerjakan Solat Idul Adha 1441 Hijriyah 2020 Masehi. “Kalau kita bandingkan dengan tahun kemarin ada peningkatan. Tahun kemarin cuma tiga ekor,” ujarnya.

Asmuri mengaku bangga atas keberhasilan warganya mengumpulkan dana kurban menggunakan sistem arisan. “Jadi kurban sistem arisan pembayarannya perbulan dalam jangka satu tahun. Kayak di RT 02 itu, punya anggota 21 orang. Kalau sapi harganya 7 juta jadi yang bisa kurban tahun ini ada 7 orang, 14 orang lagi tahun depan. Misalnya nomor 1-7 siapa yang mendapat nomor itu, berarti bisa berkurban tahun ini,” terangnya.

Sistem tersebut lanjut Asmuri berbeda dengan sapi kurban dari masjid. “Tapi kalau dari masjid itu, orang-orang yang berkurban secara individu. Pembagiannya nanti pakai kupon, diatur oleh pengurus masjid. Untuk Desa Kelanga kegiatan lain tidak ada. Paling cuma merayakan Idul Adha kunjung mengunjungi rumah bersilaturahmi,” jelasnya.

Perayaan tersebut kata Asmuri tetap akan mengikuti protokol kesehatan, karena pandemi Covid-19 belum berakhir. “Sesuai dengan aturan protokol kesehatan. Jadi saya himbau masyarakat Desa Kelanga untuk bikin tempat cuci tangan di luar rumahnya. Bagi masyarakat yang mampu kalau bisa tolong bikin itu,” pungkasnya. (KP).


Laporan : Sandi / Amir Hamzah




 


Memuat...