Era Teknologi Informasi Bagi Masyarakat

oleh -276 views
Edi-Suroso-Redaktur-Koran-Perbatasan

Penulis : Edi Suroso


KEMAJUAN teknologi informasi seharusnya menjadi sesuatu kebaikan dalam masyarakat, selagi hal tersebut dipergunakan untuk hal-hal yang positif dengan tidak menyalahgunakan sarana internet.

Dewasa ini masyarakat banyak mempergunakan untuk sarana penunjang suatu profesi atau untuk usaha yang dilakukanya. Anak sekolah, pengusaha, para kuli tinta serta profesi lainya, kini banyak menggunakan akses internet untuk kebutuhan sehari-hari.

Tawaran WiFi gratis juga mulai bermunculan, baik dari pengusaha makan dan minuman untuk menarik para pelanggan agar ramai pengunjung, bahkan dari pemerintah juga menyiapkan sarana WiFi gratis ditempat-tempat ramai publik.

Penyalahgunaan internet akan berdampak bagi kehidupan sosial, tindak kejahatan, terutama akhlak generasi muda. Dan yang lebih kita waspadai adalah dikalangan para pelajar kita. Dengan adanya WiFi gratis, terkadang banyak pelajar sekolah yang lupa waktu dalam menikmati akses internet.

Untuk menghindari dari permasalahan tersebut, dimulai dari lingkungan dan keluarga itu sendiri. Para orang tua agar selalu mengawasi anak-anak mereka, terutama dari pergaulan bebas, jam belajar dan memeriksa hendpond sang anak.

Dari pihak pemerintahan juga harus tepat dalam bersikap dan mengambil kebijakan. Seperti membuat Perda tentang jam belajar bagi siswa, serta selalu memberikan himbauan kepada masyarakat untuk bijak dalam menggunakan kemajuan tekhnologi informasi.

Penggunaan internet dengan tepat dapat mencerdaskan kehidupan bangsa, namun sebaliknya dapat jadi bumerang bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat dan negara. Bijaklah dalam menggunakan akses informasi lewat internet. (***).




Memuat...