Jelang Pilkada Serentak Tahun 2020 Pemkab KKA, Adakan Pelatihan Satlinmas  

oleh -197 views
Pembukaan-pelatihan-Anggota-Satlinmas-oleh-Bupati-KKA-Abdul-Haris-SH

TAREMPA (KP),- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, membuka pelatihan Anggota Satlinmas (Satuan Perlindungan Masyarakat) di Kecamatan Palmatak, Siantan Tengah, Kute Siantan dan Siantan Utara, Rabu, 15 Juli 2020.

Turut hadir, Danlanudal Matak, Kapolsek Palmatak, Danramil Matak, Kasatpol PP Damkar, Ketua Kpu, Ketua Bawaslu, Camat Palmatak, Camat Siantan Tengah, Camat Kute Siantan, Camat Siantan Utara, Para Kepada Desa, Para Ketua BPD, dan para tokoh masyarakat.

Pelatihan ini berisi tentang pembelajaran pengetahuan pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 dan pelatihan fisik/mental yang diikuti sebanyak 82 orang peserta dilapangan Bola Desa Payalaman Kecamatan Kute Siantan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, SH menyampaikan bahwa pentingnya diklat bagi peserta Satlinmas, yaitu untuk membantu terhadap keamanan, pelindungan, dan ketertiban masyarakat serta ikut dalam menjaga kemananan pada saat pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 nantinya.

“Diklat ini diselenggarakan mengingat pentingnya pembekalan bagi peserta Satlinmas sebagaimana yang diamanatkan dalam Pasal 9 PERMENDAGRI NOMOR 84 TAHUN 2014 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat, bahwa Satlinmas mempunyai tugas membantu dalam penanggulangan Bencana, Membantu Keamanan, Ketertiban dan Ketertiban Masyarakat, Membantu dalam kegiatan Sosial Kemasyarakatan, Ketertiban dan Keamanan dalam penyelenggaraan pemilu serta membantu upaya pertahanan negara. Sehingga nantinya pada saat penyelenggaraan Pilkada Serentak, anggota Satlinmas sudah terlebih dahulu melengkapi diri dengan pengetahuan dasar dan fisik/mental yang kuat untuk menyikapi potensi konflik yang mungkin terjadi pada saat penyelenggaraan Pilkada,” jelasnya.

Dalam pelatihan ini terdapat berberapa tahapan, yaitu materi pengetahuan dasar pelaksanaan pilkada, latihan fisik, peraturan baris berbaris dan simulasi penanganan konflik di TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang dilaksanakan selama 2 hari di Lapangan Bola Desa Payalaman dan didalam ruangan.

Selain pelatihan, pelengkapan peserta Satlinmas juga disediakan oleh panitia SATPOL PP dan DAMKAR seperti 1 set pakaian linmas yang terdiri dari baju PDL linmas, topi linmas, baju kaos linmas, talikur, pluit, pentungan, sarung, kopel besar, gesper, kaos kaki dan sepatu PDL linmas dan yang tak kalah pentingnya adalah uang saku peserta. semuanya ini diberikan untuk membekali kompetensi para peserta. (KP/Azmi).




Kontributor : Press Release

Editor : Riduan



Memuat...