Jika Dikemas Dengan Baik Provinsi Kepri Jadi Primadona Traveler Dunia

oleh
Staf-Badan-Pelestarian-Nilai-Budaya-Provinsi-Kepri-Zulkifli-Harto-saat-berada-di-Kepulauan-Raja-Ampat

Kepri, (KP), – Provinsi Kepulauan Riau bisa menjadi incaraan wisatawan, sebagai destinasi liburan baru, seperti Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat. Karena keindahan pulau, dan struktur batu karang yang dimiliki Provinsi Kepri, tidak jauh beda dengan Raja Ampat. Provinsi Kepri memiliki lebih kurang sebanyak 2.000 pulau, baik berpenghuni maupun tidak berpenghuni. Pernyataan ini disampaikan oleh Staf Badan Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Kepri, Zulkifli Harto.

Kata Zulkifli, salah satunya adalah Kabupaten Lingga, memiliki lebih kurang 1.000 buah pulau, dan batu karang yang luar biasa indah. “ Keindahan alam yang dimiliki daerah itu, tidak menutup kemungkinan bisa di sulap menjadi seperti kepulauan Raja Ampat, “ sebut Zulkifli, usai  berkunjung ke Raja Ampat pekan lalu, dalam rangka penelitian budaya.

Atas kunjungan itu, Zulkifli menyimpulkan kabupaten/kota Se-Provinsi Kepri sangat memungkinkan untuk di jadikan tujuan wisata baru, seperti Raja Ampat, tinggal kebijakan kepala daerahnya lagi. “ Terpulang kepada pemilik kebijakan seperti bupatinya. Kita melihat di Raja Ampat wilayahnya memang benar-benar terjaga, misalnya, masyarakat hanya di bolehkan setahun sekali memancing ikan, termasuk aktifitas lainnya, “ sebut Zulkifli.

Menurutnya, Kabupaten Lingga sangat tepat jika di jadikan destinasi tujuan wisata baru seperti Raja Ampat. Karena Lingga memiliki banyak pulau-pulau kosong, bersama habitat karang dan ikan alami. “ Saya lihat Lingga masih banyak pulau yang belum terjamah oleh orang-orang di sekitarnya, dan ikan-nya masih asli. Jadi peran masyarakat setempat menjaga wilayahnya dari ancaman bahaya penting sekali. Kalau masyarakatnya tanggap menggali peluang, tentunya Pemerintah Daerah harus mendukung penuh inovasi itu, “ tutup Zulkifli.

Sebagaimana di ketahui, Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian kepala burung Pulau Papua. Keindahan Kepulauan Raja Ampat yang berada di Papua Barat  itu, tentunya tak terbantahkan lagi. Pesona alam dan bawah lautnya menjadi primadona para traveler dunia. Menyempatkan waktu untuk berlibur ke Raja Ampat memang harus di masukkan dalam daftar resolusi hidupmu, minimal sekali seumur hidup.

Dilirik sebagai wisata terbaik, Raja Ampat selalu di banjiri ratusan ribu wisatawan pada setiap tahunnya. Mulai dari Presiden Joko Widodo, hingga para selebritis, tidak pernah melewatkan kepingan “surga” Indonesia timur tersebut. Salah satu pasangan artis tanah air yang kepincut dengan pesonanya adalah Nadine Candrawinata dan Dimas Anggara. Pasangan yang sedang romantis-romantisnya ini memang dikenal sebagai artis hobi traveling. (Ambox).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *