Kedepan Dinas Pertanian Ingin Jadikan Natuna Daerah Swasembada Beras

oleh -523 views
Marwan-Sjah-PutraS.TP-Kepala-Dinas-Pertanian-Kabupaten-Natuna

NATUNA (KP),- Kepala Dinas Pertanian, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Marwan Sjah Putra,S.TP mengatakan bahwa Bidang Pertanian di Kabupaten Natuna, sangat strategis. Oleh karena itu, dirinya ingin mengangkat sektor Pertanian dari semua lini untuk lebih maju kedepannya dan bisa dianggap mempunyai potensi dari tahun sebelumnya.

Menurut Marwan, kepala dinas pertanian yang baru dilantik beberapa hari tersebut, belum mengetahui secara pasti ada berapa Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) sekarang ini untuk wilayah Kabupaten Natuna. “Mungkin dalam seminggu ini kami baru bisa mengetahui dan disini juga kami berencana. Karena RBDP yang lama akan berakhir dan menunggu RBDP yang baru artinya kami akan mengusulkan yang baru pula“ kata Marwan menjawab koranperbatasan.com di ruang dinasnya, Selasa 25 Agustus 2020.

Marwan mengungkapkan pada tahun sebelumnya, dinas pertanian sudah banyak mencetak sawah tetapi misinya belum maksimal, ”Kebutuhan pangan yaitu beras untuk Kabupaten Natuna, belum bisa kita penuhi secara maksimal. Dan ini kita lakukan tidak bisa langsung cepat, karena disini kita juga masih kekurangan staf-staf ahli. Oleh karena itu, kita akan berusaha merekrut staf-staf ahli yang ada di provinsi dan juga tenaga-tenaga penyuluh lapangan,” tutur Marwan.

Upaya yang saat ini dilakukan, lanjut Marwan menjelaskan dinas pertanian mengadakan kegiatan rutinitas penyuluhan-penyuluhan lapangan di kecamatan untuk tanaman budidaya bayam dan kangkung. “Sebenarnya ada 15 kecamatan yang akan kami adakan penyuluhan, karena saat ini adanya pengurangan anggaran jadi kami hanya bisa lakukan 5-6 kecamatan saja. Dari pelatihan dan penyuluhan tersebut, kita harapkan masyarakat yang bekerja sebagai petani bisa meningkat. Selain bisa dikonsumsi sendiri, mereka juga bisa menjual dan disini kami juga ingin merubah mindset serta asumsi masyarakat, bahwa bertani penghasilannya tidak kalah dengan nelayan jika kita memang ingin serius dalam bertani,“ jelas Marwan.

Disamping itu, Marwan juga menerangkan, ada dua jenis bantuan yang diberikan oleh dinas pertanian yaitu bantuan pupuk dan bantuan benih tanaman. “Kebetulan disini kita juga punya kebun entris, tetapi kebun entris kita ini belum punya sertifikasi. Sementara kita ingin mengeluarkan benih harus ada sertifikasinya, insyaallah tahun depan kita akan usahakan, untuk pembagian bantuan pupuk dan benih dalam setiap kelompok. Pembagianya sama, tergantung pada luas dan jenis tanaman dari kelompok tani tersebut,” terang Marwan.

Untuk mengetahui hal tersebut, tambah Marwan akan melakukan pemetaan baru nantinya untuk jenis tanaman Holtikultura dan tanaman sandang pangan agar diketahui berapa luas arealnya. “Sebenarnya kita hanya tanaman holtikultura, tetapi mungkin dengan adanya wacana baru tahun depan kita akan gabung dengan tanaman sandang pangan. Tergantung juga dengan Pemerintah Daerah mau gabung lagi atau tidaknya. Kita juga saling berkoordinasi dengan dinas ketahanan pangan, karena juga sebagai lumbung pangan di Kabupaten Natuna. Jika untuk pemasarannya, disini kami akan membentuk suatu wacana untuk membentuk satu unit yang bisa menjaga hasil-hasil panen para petani, jika seandainya itu, tidak terlaksana maka kita meminta kepada Bupati untuk membuat surat edaran kepada seluruh pegawai agar membeli beras yang sudah di panen dari petani,” tambah Marwan.



Terakhir Marwan menuturkan, program yang akan dijalankan pada bulan Januari 2021 mendatang, tergantung bagaimana situasi dan kondisi yang akan terjadi. “Artinya kita tetap canangkan itu. Kami juga tidak bisa bekerja sendiri, harus berkerja sama dengan dinas-dinas terkait. Dan kami juga harus mempunyai anggaran sendiri, tanpa anggaran kami juga tidak bisa bergerak. Bersama Bupati sekarang kita sudah banyak mencetak sawah, artinya sudah ada hasilnya. Harapan kedepan mungkin nantinya, bersama Bupati yang berikutnya juga mendukung program kami, agar Kabupaten Natuna bisa berswasembada beras dan berswasembada jenis tanaman-tanaman lainnya,“ tutup Marwan. (KP).


Laporan : Sandi/boy



Memuat...