Kemensos RI Kembali Berikan Dinsos Kepri Penghargaan Atas Prestasinya

oleh -500 views

JAKARTA (KP),- Kementerian Sosial (Kemensos) RI menggelar acara, Temu Penyelenggara Undian Gratis Berhadiah (UGB), dan Pengumpulan Uang atau Barang (PUB). Acara berlangsung Selasa, 26 Maret 2019 di Gedung Aneka Bhakti Kemensos RI.

Kadissos-Provinsi-Kepri-Kepri-Drs.-H.-Doli-Boniarah-M.Si-menerima-piala-Padmamitra-pada-tahun-2018-lalu-dari-Menteri-Sosial-RI-Agus-Gumiwang

Dalam acara tersebut, Kemensos juga memberikan penghargaan kepada para penyelenggara UGB dan PUB. Termasuk, memberikan penghargaan kepada Dinas Sosial dan DPMPTSP, yang memberikan pelayanan terbaik, dalam percepatan dan rekomendasi pelaksanaan UGB dan PUB.

Untuk kategori percepatan pemberian rekomendasi, Dinas Sosial Provinsi Kepri mendapat peringkat ketiga, peringkat kedua diperoleh Dinas Sosial Jateng dan peringkat pertama oleh DPMPTSP DKI Jakarta.

“Ini merupakan suatu kebanggaan bagi Kepri, Dinsos berhasil memberikan pelayanan terbaik bagi penyelenggara UGB dan PUB, yang menarik justru peringkat pertama diraih DPMPTSP DKI artinya untuk Dinsos se-Indonesia, Kepri menjadi peringkat kedua,” kata Kadissos Provinsi Kepri Kepri Drs. H. Doli Boniarah, M.Si, Minggu (24/03/2019).

Pencapaian ini, menurutnya menunjukkan bahwa Kepri terus berbenah, menjawab tantangan pelayanan publik berbasis digital. Penilaian terhadap Dinsos Kepri ini karena berhasil menerapkan sistem pelayanan yang baik, dari sebelumnya. “Jika daerah lain mungkin sudah menerapkan namun tidak ada peningkatan, nah Dinsos Kepri sendiri terus meningkat nilainya,” ujar Doli Boniarah.

Untuk penerapan penyelenggaraan UGB dan PUB saat ini sudah melalui aplikasi digital SIMPPSDSB. Melalui aplikasi ini para penyelenggara UGB dan PUB bisa menyampaikan pengajuan secara online. “Mobile aplikasi ini bisa didownload, para penyelenggara bisa langsung membuat pengajuan melalui aplikasi ini,” terang Doli Boniarah.



Menurut Doli Boniarah, dalam acara tersebut ada tiga penyelenggara UGB dengan kategori tertib administrasi pelaporan terbaik diantaranya PT Unilever Indonesia, PT BPD Jatim, dan PT Ciputra Semarang. Untuk kategori tertib administrasi pelaporan PUB juga ada tiga yayasan diantaranya Yayasan Media Group, Yayasan Kita Bisa, dan Yayasan WWF Indonesia.

Selain tiga kategori tersebut, kata Doli Boniarah dalam acara itu juga akan diumumkan para penyelenggara yang melakukan sinergitas terbaik, dengan Kemensos RI diantaranya Mandiri Peduli, YPAPK SCTV Indosiar dan Panitia Indomaret Peduli KAT.

Doli Boniarah berharap dengan pencapaian ini bisa memacu bidang lainnya di Dinsos Kepri untuk terus memberikan yang terbaik. Bahkan bisa mendorong OPD lain untuk memberikan hal yang sama untuk Kepri.

“Inikan prestasi dari bidang pemberdayaan sosial, tahun lalu ada dari bidang perlindungan jaminan sosial, mudah-mudahan seluruh bidang di Dinsos Kepri terus mengukir prestasi di tingkat nasional,” imbuhnya.

Lebih jauh lagi Doli Boniara memastikan bahwa kedepan pihaknya akan menyusun pemberian penghargaan di tingkat lokal dalam penyelenggaraan UGB dan PUB. Sehingga mampu menumbuhkan kepedulian diantara penyelenggara UGB dan PUB untuk bersinergi dengan Dinsos terkait.

Hj.-Ellya-Yusma-S.Sos-MPH, Kasi Pemberdayaan Kelembagaan dan Pengelolaan Dana Sosial Donsos Provinsi Kepri

“Saat ini juga sudah banyak yang bersinergi dengan Dinsos dalam penyelenggaraan UGB dan PUB, apalagi dalam hal pembayaran pajaknya juga langsung ke pusat, daerah hanya melengkapi administrasinya saja, jadi lebih transparan dan menjadi pendapatan untuk negara,” papar Doli Boniara.

Sebagaimana diketahui Donsos Provinsi Kepri dalam hal ini memiliki beberapa bagian yang bersentuhan langsung dengan upaya mensuskseskan program tersebut diantaranya adalah Kasi Pemberdayaan Kelembagaan dan Pengelolaan Dana Sosial saat ini dijabat oleh Hj. Ellya Yusma, S.Sos MPH dan Bagian Aplikator Badra Ardansyah, S.Sos. (KP).


Pewarta : Deni Fitriyadi

Editor : Cherman


 


Memuat...