KPH Balangan Berikan Fasilitas Kepada Petani Karet

oleh -357 views
KPH-Balangan-saat-bertemu-petani-karet

PARINGIN (KP),- Senyum terpancar diwajah Abdillah Fahmi (45), salah satu anggota KTH Usaha Bersama Desa Mayanau, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan. Yang mana, petani karet ini mendapat fasilitasi bantuan untuk bahan pembeku lateks karet dari KPH Balangan.

Fahmi adalah petani yang sangat merasakan dampak pandemi Covid-19. Dimana dirinya salah satu petani yang resah, akibat dari harga karet turun secara drastis.  Bahkan dihantui dengan tidak adanya pembeli untuk hasil karet mereka.

Sebelumnya, setelah mendapat bantuan tungku asap cair dari Dinas Kehutanan Kalsel, yang difasilitasi KPH Balangan, KTH Usaha Bersama memproduksi asap cair sebagai bahan disinfektan dan bahan pembeku lateks karet.

Namun, mereka menghadapi permasalahan dalam pembelian salah satu bahan pencampuran pembeku lateks,  cuka semut yang sulit didapat. Atas permasalah tersebut, KPH Balangan cepat tanggap. Dengan menggandeng dinas pertanian, untuk duduk bersama memberikan solusi agar bahan baku cuka semut dapat difasilitasi dalam pembelian.

Dalam hal ini, Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Balangan, Amirul mengatakan, semua penjualan maupun pemasaran karet bahan baku cuka semut, akan mudah kita kendalikan,  apabila membentuk UPPB Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar. Dimana tujuan pembentukan UPPB ini, untuk memperbaiki mutu harga karet dan cikal bakal gabungan kelompok untuk penjualan karet dengan harga stabil dan dijamin kadar kering  karet. (KP).


Laporan : Adam Subayu

Editor : Editor : Riduan





Memuat...