Manfaat Laut Bagi Kehidupan Manusia

oleh -592 views
Nurhadi

Penulis : Nurhadi

Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan


SEBEGITU besarkah peran laut bagi umat manusia? Jawabnya “Ya”. Ada banyak manfaat laut bagi kehidupan dan beberapa diantaranya tidak pernah terpikirkan berperan sangat vital bagi manusia.

Penghasil Oksigen

Oksigen atau O2 adalah gas yang diperlukan manusia untuk bernafas dan tetap hidup. Tanpa menghisap gas ini, manusia akan mati. Lalu, siapakah yang memproduksi oksigen itu sendiri? Kebanyakan orang berpikir bahwa pepohonan dan hutan adalah sumber utama oksigen dunia. Tidak salah 100%, tetapi juga tidak tepat. Secara global pohon dan hutan memang menghasilkan banyak oksigen, tetapi hanya 28% saja dari total volume gas penting itu yang dihasilkannya.

Para ahli seluruh dunia sepakat paling tidak 70% oksigen yang ada di atmosfir bumi dihasilkan dari laut. Berbagai tumbuhan laut yang berklorofil, seperti pitoplankton dan ganggang adalah produsen utama oksigen dunia. Sebagai tumbuhan berklorofil tumbuhan laut itu akan berfotosintesa dengan bantuan sinar matahari dan salah satu hasil proses memasak makanan itu adalah oksigen yang dilepaskan ke udara.



Jumlah ganggang dan plankton yang luar biasa banyak itulah yang menjadi sumber utama oksigen dunia. Perusakan dan pencemaran terhadap laut bisa menyebabkan kerusakan ekosistem dan habitat plankton dan ganggang. Pada akhirnya, hal itu akan berpengaruh besar kepada suplai oksigen bagi manusia. Tidak pernah terbayangkan begitu vital manfaat laut bagi kehidupan manusia kan?. (KP).


Kiriman Pembaca koranperbatasan.com Rabu, 01 Januari 2020



Memuat...