Megalodon Si Hiu Purba Raksasa

oleh -1.351 views
Juan-Kevin-Tampubolon

Penulis : Juan Kevin Tampubolon

Jurusan : Ilmu Kelautan

Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan


MEGALODON adalah mahkluk laut sejenis hiu. Besarnya sebesar kapal pesiar bahkan lebih besar atau 40 kali lebih besar dari Hiu Putih. Hiu ini bisa menelan Paus Biru dalam sekejap. Hiu ini sudah dinyatakan punah, tapi bagaimana jika hiu ini masih hidup dan dikatakan sebagai Hiu Hantu? Menurut saya sendiri, hal ini mustahil karena manusia hanya tau beberapa % kehidupan dilaut. Sedangkan dikedalaman sana kita tidak tahu makhluk ini masih hidup atau tidak.

Dari Web San Diego Natural History Musem dan National Geographic, menyebutkan bahwa penelitian modern para ahli menyakini bahwa Megalodon memiliki panjang sekitar 50 sampai 60 kaki. Gak kebayang besarnya mereka itu kan?!

mercurynews.com



Pada tahun 2015, dunia sempat digegerkan dengan video rekaman yang diklaim sebagai penampakan dari ikan Hiu Megalodon. Video tersebut berasal dari palung Mariana, palung terdalam di dunia. Makanan Megalodon adalah Ikan Paus, Lumba Lumba, Penyu dan binatang laut lainnya. Kekuatan giginya yang dapat menghancurkan cangkang Penyu dengan mudahnya. Ikan hiu terbesar ini adalah pemangsa terbaik yang pernah ada, didukung oleh kekuatan, kecepatan dan giginya.

abcactionnews.com

Pada umumnya kebanyakan dari gigi Hiu Megalodon dewasa berkisar antara 4-5 inci. Beberapa gigi fosil besar yang sudah berhasil ditemukan adalah lebih dari 7 inci.  Gigi Hiu Megalodon terbesar yang dapat dipertanggungjawabkan adalah gigi dengan ukuran 7,48 inci yang ditemukan didekat daerah Ocucaje, Peru. Megalodon diyakini memiliki gigitan paling kuat dari hewan apapun. Meskipun hampir mendekati, sebuah simulasi komputer memperkirakan kekuatan gigitan Megalodon antara 24.000 sampai 40.000 pound (10.900 sampai 18.100 kilogram).

Dari situ kekuatan gigitannya adalah 6 sampai 10 kali kekuatan gigitan Hiu Putih dan Buaya. Bahkan katanya kekuatannya sebanding dengan kekuata 2-3 kali dari perkiraan kekuatan gigitan 12.800 Pound T-Rex dan Mosasaurus. Kekuatan gigitan yang sangat besar tersebut benar-benar bisa sekali menggigit paus kecil menjadi dua bagian.

Gigi fosil Megalodon sudah ditemukan di seluruh dunia dari wilayah Amerika Utara dan Selatan, Eropa, Afrika, serta Puerto Riko, Kuba, Jamaika, Kepulauan Canary, Australia, Selandia Baru, Jepang, Malta, Grenadines dan India.

Independent.uk.co fossilesa.com

Fyi, nama Megalodon pertama kali muncul setelah seorang pakar dari Swiss bernama Louis Agassiz berhasil mengidentifikasinya pada tahun 1835. Nama latin hewan ini adalah Carcharodon Megalodon yang berarti monster hiu (sumber : google).

Kira-kira Megalodon itu tinggal dilautan mana ya? Ini jawabannya. Tampaknya dia tinggal di samudra mana saja asalkan tempatnya cukup hangat dan adanya sumber makanan yang melimpah untuk menopang hidupnya. Intinya ya, dikedalaman laut yang dalam yang tidak akan terjangkau oleh sinar matahari dan pastinya manusia juga tidak bisa menjangkaunya, karena suhu yang amat sangat dingin dan pernapasan akan terganggu. Semakin menuju ke dasar laut, maka cahaya matahari pun tidak akan sampai menuju titik dasar laut.

Mahkluk ini dikatakan berdiam didasar laut atau palung yang dalam dan gelap, dan tidak pernah terlihat. Ada orang mengatakan kalau ini adalah monster duyung berkepala manusia yang suka mengambil dan meneggelamkan orang-orang yang berenang sampai ketengah laut.

blogs.discovermagazine.com

Apakah Megalodon masih ada sampai sekarang? Banyak sekali laporan tentang hiu monster yang dicurigai sebagai Hiu Megalodon. Namun, para ilmuwan tidak yakin. Beberapa penelitian telah dipublikasikan dengan menyatakan bahwa Megalodon telah punah, dan sudah berlangsung selama dua atau tiga juta tahun yang lalu. Andaikan masih hidup, hiu atau paus yang kita kenal sekarang kemungkinan tidak akan banyak jumlahnya karena mereka pasti sudah dimakan olehnya.

duniahewanbinatang.com pegipegi.com

Percaya gak percaya sih, tapi lebih banyak percayanya karena laut itu adalah misteri, dunia ini lebih besar lautannya daripada daratan. daratan masih bisa kita explore kayak gunung dan puncak gunung, dan laut? apa ada yang bisa menaklukkan sampai dasar? hanya tuhan yang tau. (KP).


Kiriman Pembaca koranperbatasan.com Kamis, 26 Desember 2019


 


Memuat...