Natuna Provinsi Khusus Imaji Tentang Keadilan

0
216
H. Gazali Manaf (Tokoh LAM Kabupaten Natuna)

Keinginan Menjadikan Natuna Provinsi, Sudah Ada Sejak Tahun 60-an

Perlu diketahui bahwa Pulau Tujuh dulunya memang daerah yang terdepan. Dulu keinginan untuk menjadikan Pulau Tujuh Provinsi sendiri memang sudah pernah disuarakan. Pada tahun 60-an orang kita dari Kelarik, pernah berjuang ingin menjadikan Pulau Tujuh sebagai Provinsi. Tetapi sampai di pusat tidak dikasih. Karena itu, saya secara pribadi tentang wacana Provinsi Khusus ini sangat setuju. Sesuai dengan daerah kita sebagai daerah kepulauan yang sulit dijangkau. Untuk itu, pusat harus memberi fasilitas lebih, mengizinkan Natuna jadi Provinsi sendiri.

Wan Hendra Kusnadi Bin Wan M. Kasim. PA
Aktifis Pencerahan

Natuna Provinsi Khusus Bagian Dari Usaha Mensejahterakan Rakyat

Kosekuensi dari apa yang kita sebut dengan merealisasikan konsep keadilan secara menyeluruh dan merata ini merupakan sebuah keharusan yang layak untuk kita perjuangkan. Karena kita (Natuna-red) membutuhkan rentang kendali dekat, jarak yang mempermudah, dan komunikasi lebih lancar. Sehingga proses pembangunanpun tidak berbelit-belit dan panjang.

Perjuangan ini adalah bagian dari usaha untuk mensejahterakan atau memakmurkan masyarakat. Dengan cari ini Natuna akan dapat mengembangkan dan mengoptimalkan potensi-potensi yang dimilikinya sendiri. Jadi tidak ada lagi yang beralasan untuk tidak setuju atau coba menghambat perjuangan ini. Karena memakmurkan dan mensejahterakan masyarakat merupakan amanah pembangunan secara nasional. Bukan amanah satu atau dua orang.

Drs. Sayid Abdurrahman
Futuristis

Memang Sudah Saatnya Natuna Jadi Provinsi

Jumlah penduduk, dan luas wilayah serta harus memiliki beberapa buah Kabupaten / Kota bukan kendala untuk menjadikan Natuna Provinsi Khusus. Karena ada beberapa wilayah yang kecil, dengan luas hanya beberap kilo meter saja seperti, Singapura, Monaco, Vatikan dan lain-lain. Mereka bisa berdiri menjadi negara.

Sedangkan kita hanya ingin menjadi Provinsi Khusus kenapa pula tidak bisa. Jadi memang sudah saatnya Natuna menjadi Provinsi. Karena kawan-kawan kita yang berada di alam gaib sudah lebih dulu bekerja dengan cara mereka sendiri tanpa kita sadari / pahami, untuk menjadikan Natuna sebagai sesuatu yang bersifat dengan perlakuan khusus. Tinggal bagaimana kita selaku manusia meneruskan perjuangan ini.

Kartubi, SE
Pemuda Inspirator

Kalau Tidak Direalisasikan Keterlaluan Namanya

Perjuangan ini adalah perjuangan rakyat Natuna dalam rangka sadar dan menyadari, bahwa kita ini berada di posisi penting yakni, posisi yang harus diperhitungkan oleh Pemerintah Pusat.  Artinya ini harus menjadi kebanggaan NKRI, karena kita tidak ada niat dan tidak ada keinginan untuk keluar dari NKRI. Seharusnya kita diperhatikan lebih oleh Pemerintah Pusat, sayangnya sampai sekarangkan tidak ada.  Oleh karena itu, kalau hari ini kita hanya meminta Otonomi Khusus Provinsi Pulau Tujuh itu hal yang sangat kecil. Kalau tidak direalisasikan itu, keterlaluan namanya.

Ronny Kambey
Ketua LSM Formis Natuna

Kami Menggesa Natuna Jadi Provinsi Khusus

Saya rasa tidak ada bahasa mangatakan itu ,belum layak atau belum waktunya. Sepanjang memang perlu diperjuangkan, kita harus berjuang. Tidak mungkin kita hanya buat konsep tanpa ada aspirasi. Tidak mungkin bisa terjadi tanpa adanya desakan. Kami ingin berkembang, kami ingin maju. Kalau begini terus tidak akan pernah berkembang, dan tidak akan maju. Karena itu, kami menggesa pemekaran Natuna menjadi Provinsi Khusus.

Hj. Raja Peni Adriani Binti Raja Adnan
Aktifis Perempuan – Ketua BKMT Natuna

Saat Provinsi Kepri Terbentuk, Kita Juga Menikmati, Bukan Hanya Segelintir Orang

Kita melihat bagaimana perjuangan pembentukan Provinsi Kepri dulu. Disana Huzsrin Hood berani tampil dan dia adalah salah seorang tokoh dari pemerintah yang mendukung penuh perjuangan rakyat. Walaupun beliau secara pribadi menjadi semacam korban, tetapi hasil perjuangan bisa terwujud. Ketika Provinsi Kepri terbentuk, saat ini kita semua juga yang menikmatinya, bukan hanya dinikmati oleh segelintir orang.

Kalau Natuna ingin dikembangkan menjadi Provinsi Khusus, tentu kita sangat membutuhkan dukungan dari Pemerintah Daerah dalam hal ini adalah Bupati, Wakil Bupati dan pihak Legislatif. Jadi bagaimana mereka sebagai pihak pemerintah harus mensuport perjuangan rakyatnya. Karena dalam perjuangan ini, kita tidak hanya membutuhkan semangat yang membara, tetapi juga membutuhkan dana. Tanpa adanya dukungan dari pemerintah saya rasa agak lambat. Tapi bukan berarti tidak bisa terjadi, meskipun perjuangan ini dilakukan oleh rakyat.

Urai Birawansyah Bin Urai Aman
Pemuda Aspiratif

Sudah Saatnya Kita Mengelola Hasil Daerah Sendiri

Saya atas nama masyarakat sangat mendukung terbentuknya Natuna Provinsi Khusus. Sudah saatnya kita mengelola hasil daerah sendiri, dan sudah wajar jika Natuna berdiri menjadi Provinsi sendiri secara khusus. Tinggal bagaimana pergerakan kawan-kawan yang sedang berjuang kearah tersebut. Memang perjuangan ini tidak terlepas dari turut sertanya Pemerintah Daerah selaku pemimpin daerah. Begitu juga dengan DPRD selaku penampung aspirasi masyarakat. Bagimanpun DPRD harus menyalurkan aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat tersebut tepat pada sasarannya, dalam konteks Provinsi Khusus.

Raja Usman Bin Raja Hasan
Seniman

Tidak Ada Kata Tidak Layak Atau Belum Waktunya

Mulai sekarang kita semua harus bertekat, tidak apalah kita buang dananya, yang penting keinginan kita semua bisa terwujud. Saya rasa tidak ada bahasa mangatakan itu, belum layak atau belum waktunya. Perjuangan ini memang sudah saatnya harus dilakukan oleh para elit politik,  tokoh-tokoh dan organisasi serta seluruh masyarakat yang ada di Natuna. Selamat berjuang kepada kawan-kawan yang hari ini sudah memulainya, sebagai masyarakat biasa secara pribadi saya menyatakan siap bergabung dan ikut mendukung perjuangan ini sesuai dengan kemampuan saya.

Erianto
Ketua DP2 IMDI Kabupaten Natuna

Satu Pekerjaan Menghasilkan Tiga Kabupaten Satu Provinsi

Pada intinya kita setuju adanya pemekaran Kabupaten Natuna Barat dan Natuna Selatan tapi tujuannya harus ke Provinsi Khusus jangan asal pemekaran saja. Sekarang  mari kita bersatu baik Natuna Barat, Natuna Selatan, Natuna Utara maupun Kota Ranai, kita duduk bersama, kita rapatkan barisan dan menyatukan tujuan yakni, menuju Provinsi Khusus. Jangan sampai ada tujuan lain. Kita Bunguran Timur sudah siap kalau menjadikan Provinsi Khusus, tapi kita harus kompak. Kalau bisa satu pekerjaan itu mampu menghasilkan tiga Kabupaten satu Provinsi. Kami sebagai putra Bunguran berharap agar dapat melakukannya bersama-sama, karena jika sendiri-sendiri maka hasilnya kurang baik.

Wan Darmadi Bin Wan Abdurahim
Tokoh Pemuda Kelurahan Bandarsyah

Kalau ini Jadi Kita Sama Sama Untung

Artinya, apapun bentuk perjuangan yang dilakukan selagi untuk kemajuan Natuna saya mendukung. Setelah Natuna Barat, Natuna Selatan positif dimekarkan menjadi Kabupaten apakah sudah ada tujuan. Kalau belum jangan dulu. Tapi kalau mengarah kepada Provinsi Khusus saya rasa ini,  merupakan sebuah kemajuan. Menjadikan Natuna Provinsi Khusus saya sangat mendukung. Karena kalau ini jadi, kita sama-sama untung. Disana bisa berdiri Kabupaten dan disini jadi Provinsi Khusus.

Muhamad Nazir
Ketua Badan Perjuangan Migas Natuna

Provinsi Khusus Sangat Tepat Buat Natuna

Saya fikir sudah tidak ada masaalah lagi, kalau ada kawan-kawan ingin memekarkan Kabupaten Natuna Barat, Natuna Selatan, dan Natuna Utara. Sebenarnya harus saya akui pada dasarnya kalau kita ingin mencapai sesuatu, tidak tertutup kemungkinan juga bahwa yang paling pas itu, adalah Provinsi Khusus.

Alfiandri
Mantan Ketua FKMNI Se-Indonesia

Natuna Provinsi Khusus, Bola Salju yang Harus Disambut Positif

Semuanya adalah itikad baik masyarakat Natuna saat ini. Karena bicara dalam konteks Provinsi Pulau Tujuh, adalah bola salju yang harus disambut positif oleh semua kalangan. Karena kita memandang secara otonomi yang diberikan oleh Pemerintah Pusat untuk daerah selama ini “setengah hati,” ini dilihat dari kacamata aspek sosial dan kesejahteraan masyarakat Natuna.

Anizar Sulaiman
Permerhati Masa Depan Negeri

Ini Lah Salah Satu Cara Membangun Masyarakat Maritm Kepulaun

Intinya, apapun yang disajikan, bagaimanpun cara dan gaya penyampaian para elit politik sebagai obsesi rakyat yang dimuat oleh koran ini pada beberepa edisi sebelumnya. Telah dapat dikatakan bermuara pada satu keinginan bersama yaitu, Natuna dan atau Pulau Tujuh harus segera jadi Provinsi Khusus. Inilah suatu cara untuk dapat membangun masyarakat maritim yang berdaulat, bebas, dan merdeka. Menuju masyarakat adil, makmur dan sejahtera dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Laporan : Amran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here