Nelayan Kuala Teladas Gelar Pesta Laut 

oleh -154 views
Kegiatan-unik-masyarakat-nelayan-Kampung-Kuala-Teladas-saat-pesta-laut
banner 728x90

TULANG BAWANG (KP),- Kuala Teladas adalah kampung di Kecamatan Dante Taladas Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung. Kuala Teladas merupakan kampung terkecil di seantero kecamatan. Pada kampung ini terdapat sekelompok masyarakat yang tinggal di atas Way Tulang Bawang.

Salah satu kegiatan unik yang ada di daerah tersebut adalah pesta laut atau lebih dikenal dengan sebutan sedekah laut. Kabarnya pesta laut sudah menjadi tradisi masyarakat pesisir, sebagaimana yang dilakukan oleh masyarakat Kampung Kuala Teladas Kecamatan Dente Teladas, pada Jumat (14/06) dini hari.

Pantauan koranperbatasan.com acara pesta laut ini dihadiri oleh Sekdes mewakili Kepala Kampung Kusnadi, sejumlah aparat utusan dari Satuan Polisi Perairan (Sat Polair), para anggota marinir, dan hampir seluruh masyarakat nelayah pesisir yang ada di Kampung Kuala Teladas ikut  serta memeriahkan acara tersebut.

Subandi, salah seorang warga setempat ketika diminta keterangan berharap acara tersebut bisa diselenggarakan lebih meriah lagi pada tahun yang akan datang. Dengan diadakannya pesta laut ini selain bagian dari tradisi, juga bertujuan agar hasil tangkapan para nelayan semakin meningkat dan masyarakat nelayan menjadi lebih makmur.

Masyarakat setempat berharap tradisi ini mendapat perhatian serius oleh Pemerintah Daerah, untuk dapat berpartisipasi memeriahkan kegiatan pesta laut.

“Hampir seluruh kapal nelayan berkumpul melakukan pelepasan sesuatu di tengah lautan yang dianggap sebagai syarat utama pesta laut. Kami merasa sangat senang setiap tahun diadakan pesta laut. Karena setiap habis pesta biasanya penghasilan kami sebagai nelayan bertambah banyak,” tuturnya. (KP).


Pewarta : Hepi Suhara


banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *