RSKI Galang Apresiasi Pemprov Kepri Atas Perhatian dan Kesigapan Dalam Penangan Covid-19

oleh -189 views
Kepala-RSKI-Galang-Dr-dr-Kolonel-Khairul-Nasution-SpBS

KEPRI (KP),- Kepala Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19 Galang Dr dr Kolonel Khairul Nasution SpBS mengapresiasi Pemprov Kepri yang telah sigap dalam percepatan penanganan pandemi Covid-19. Karena dengan berbagai bantuan dari Pemrov Kepri, RSKI Galang sangat terbantu, Batam,12 Juli 2020.

Menurut  Kolonel Khairul pemerintah pusat telah mendatangkan alat PCR dan bilik swab mandiri ke RSKI Galang, atas usaha Pemprov Kepri. Sehingga dengan adanya alat tersebut, membuat RSKI Galang sangat terbantu dalam penanganan Covid-19.

Kolonel Khairul menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemprov Kepri, untuk RSKI Pulau Galang. Terlebih RSKI Galang baru saja dilengkapi PCR dan bilik swab mandiri. “Saya bersyukur sekali dan sekaligus mengucapkan terima kasih atas usaha yang telah dilakukan Pemprov Kepri, “ ucapnya.

Selain itu, Kolonel Khairul menyebutkan peran Plt. Gubernur Kepri Isdianto yang sudah sigap dan cepat memperhatikan RSKI Galang selama pandemi Covid-19. Apalagi sebelumnya, Isdianto rajin mengirimkan madu serta vitamin untuk pasien dan petugas kesehatan di RSKI Galang agar tetap selalu sehat. “Sampaikan salam hormat saya kepada Pak Gubernur Kepri Isdianto. Saya salut dengan perhatian beliau terhadap RSKI Galang ini,” ujar Kolonel Khairul.

Diketahui, RSKI Galang pada bulan Juni lalu mendapat 20 liter madu asli Natuna yang dikirim khusus Plt. Gubernur Kepri Isdianto untuk petugas kesehatan disana. Yang mana madu tersebut, diserahkan melalui tim Bersatu Lawan Covid-19 Kepri Batam.

Lanjut Kolonel Khairul mengungkapkan RSKI Galang sempat kehabisan stok madu untuk pasien dan petugas kesehatan. RSKI Galang menyampaikan keterbatasan pasokan logistik itu saat kunjungan Tim Bersatu Lawan Covid-19 Kepri Batam ke Galang. “Asupan madu sendiri digunakan untuk pasien sebagai bagian dari penyembuhan dan menjaga daya tahan tubuh,” ungkapnya.

Kolonel Khairul juga mengatakan, dengan bilik swab mandiri, hasil pemeriksaan swab hanya butuh waktu 6 jam, untuk mengetahui seseorang terpapar virus Covid-19 atau tidak. Bilik swab mandiri tersebut, juga bisa melayani puluhan bahkan ratusan pasien. Sekali proses bisa 32 sampel diselesaikan dalam labor.



Terakhir dalam keterangan Kolonel Khairul menyebutkan, satu-satunya rumah sakit yang memiliki Polymerase Chain Reaction (PCR) atau bilik swab mandiri saat ini di Provinsi Kepri hanya RSKI Pulau Galang. Selain sangat aman dalam pengamban sampel dahak tenggorokan hidung pasien, juga mempersingkat hasil test swab. (KP/Ependi).


Kontributor : Humas Kepri

Editor : Riduan


 


Memuat...