Sebanyak 53 Paskibraka Kabupaten OKU Dikukuhkan

oleh -53 views
Suasana-saat-berlangsungnya-pengukuhan-53-Paskibraka-Kabupaten-Oku

BATURAJA (KP),- Sebanyak 53 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dikukuhkan oleh Bupati Kabupaten Oku, Drs. H, Kuryana Azis. Acara pengukuhan Paskibraka, berlangsung di Gedung Kesenian Baturaja, Kamis 14 Agustus 2019 malam.

Pengukuhan anggota Paskibraka ini, dihadiri oleh Dandim 0403/OKU diwakili Kasdim Mayor Infanteri Sukriyanto, S,IP, Kapolres Oku diwakili Kabag Sumda Kompol, Robinson, Sekda Pemkab Oku, Dr. H. Achmad Tarmizi, para Staf Ahli, para Asisten, Kepala SKPD, Ketua Purna Paskibraka, Candra Ali Agus, serta orang tua anggota Paskibraka, dan tamu undangan lainnya.

Prosesi acara pembacaan sumpah janji Paskibraka oleh Kadispora Kabupaten Oku, Hemni Rusdi, SE, diikuti oleh seluruh para anggota Paskibraka. Kemudian dilanjutkan dengan penyematan lencana Paskibraka, serta pengikatan kendit kepada para Paskibraka, oleh Bupati Kabupaten OKU. Serta pengucapan ikrar yang dipimpin oleh Kadispora, selaku penanggungjawab Diklat Paskibraka 2019.

Dari jauh terdengar suara ajakan, “adik-adik calon Paskibra ulangi suara saya,” kata Kadispora Kabupaten OKU, Hemni Rusdi, SE sebagai tanda acara dibuka. Sepontan teriakan terdengar, “siap”, dari 53 anggota Paskibraka. Teriakan terus berlanjut, para siswa-siswi SLTA yang terlihat gagah menggunakan seragam putih ini, berulang kali mengikuti dengan lantang apa yang diucapkan oleh Kadispora OKU.

Raysa Adela Nendra yang bertindak sebagai pemimpin upacara terlihat memegang bendera merah putih, selama pengucapan ikrar berlangsung. Isi dari ikrar sendiri adalah janji untuk selalu setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mereka juga berjanji memegang teguh serta menerapkan nilai-nilai luhur bangsa.

Bupati Kabupaten Oku, H. Kuryana Azis, dalam sambutannya, mengaku bangga dan terhormat tak terhingga bagi kita semua untuk hadir ditengah-tengah generasi muda pilihan, karena akan melaksanakan tugas pengabdian yang sangat mulia. Yaitu pasukan pengibar duplikat bendera pusaka, dan pertemuan kita saat ini dilandasi semangat kebangsaan, dan penghargaan terhadap nilai-nilai perjuangan para pahlawan bangsa, untuk merebut kemerdekaan.

Anak anakku, kata H. Kuryana Azis, kalian telah terpilih menjadi wakil dari sekian banyak  penduduk, Kabupaten Oku untuk mengibarkan duplikat sang saka merah putih, pada upacara detik-detik Proklamasi HUT RI yang Ke-74 di Kabupaten OKU. Tentunya bukan hal mudah untuk bisa terpilih menjadi anggota Paskibraka. Beberapa tahap seleksi kalian tempuh, dan membutuhkan kedisiplinan tinggi, serta kondisi fisik yang kuat. Selama beberapa waktu kalian telah diuji, ditempa, dididik, dan diberi bekal pengetahuan. Akhirnya kalian berhasil, dan telah resmi dikukuhkan menjadi Paskibraka pada upacara HUT RI Ke-74 lusa. Termasuk upacara aubade penurunan duplikat bendera pusaka pada sore harinya.

Dalam hal ini, Bupati berharap Paskibraka, dapat mempertanggungjawabkan, kepercayaan dan kehormatan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Serta meminta jadikan tugas yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2019 mendatang, sebagai tonggak bersejarah dalam melangkah kedepan, mempersiapkan diri untuk menjadi putera-puteri terbaik bangsa. Paskibraka ini diharapkan dapat memberikan yang terbaik, pada pelaksanaan upacara nanti. Saya berterima kasih kepada setiap orang tua yang telah mengizinkan anaknya sejak dimulai seleksi bulan Maret sampai sekarang ini, untuk mengikuti latihan menjadi Paskibraka, ujar Bupati.

Sebagai Bupati, H. Kuryana Azis memastikan, mereka yang menjadi Paskibraka merupakan hasil seleksi. Bukan asal saja, dan telah dilakukan karantina. Untuk itu, saya berharap mulai malam ini, kalian bisa menjaga kesehatan, agar bisa tampil maksimal. H. Kuryana Azis juga mengucapkan terima kasih kepada para pelatih dari TNI, Polri, PPI, dan Dinas Kesehatan, serta Dinas Pemuda dan Olahraga, yang dikomandoi, Hemni Rusdi. (KP).


Pewarta : Syahril