Aksi Heroik Sertu Oloan Gendong Penumpang Bukit Raya Jadi Sorotan Warga

oleh -886 views
Sertu-Oloan-Aritonang-Babinsa-Desa-Sebelat-Koramil-05-Midai-saat-menggendong-salah-seorang-penumpang-kapal-KM-Bukit-Raya-di-Pelabuhan-Kecamatan-Midai-Kabupaten-Natuna

NATUNA (KP),- Sertu Oloan Aritonang, Babinsa Desa Sebelat, Koramil 05/Midai bagian dari wilayah teritorial Kodim 0318/Natuna memberikan sentuhan nyata kepada masyarakat saat KM Bukit Raya milik PT Pelni bersandar di Pelabuhan Midai, Minggu, 01 Desember 2019 pagi.

Saat itu, sosok prajurit berbaju loreng TNI AD secara tiba-tiba terlihat menggendong salah seorang penumpang KM Bukit Raya asal Kecamatan Midai. Saat hendak menaiki KM Bukit Raya penumpang tersebut diketahui sedang sakit dan terpaksa harus di gendong.

Hal ini berlangsung disaat Sertu Oloan mendapati seorang penumpang dalam kondisi bagian kakinya mengalami cedera. Remaja tanggung itu, diketahui tidak mampu berjalan sendiri menaiki anak tangga KM Bukit Raya dengan kemiringan sekitar 60 derajat dari dasar pelabuhan. “Niat kita murni ingin membantu. Jangan sampai calon penumpang terjatuh saat menaiki tangga kapal Bukit Raya,” ujarnya.

Tanpa disadari, aksi heroik Babinsa ini menjadi sorotan tajam masyarakat dan penumpang saat melakukan aktifitas naik turun dari kapal KM Bukit Raya di Pelabuhan Midai kabupaten Natuna saat itu.

Aksi menggendong penumpang tersebut dilakukan Sertu Oloan dengan wajah bersahabat. Tidak sedikitpun terlintas di wajahnya rasa berat hati saat menaiki satu persatu barisan anak tangga hingga menuju bagian dalam ruangan dek tempat dimana penumpang tersebut akan menetap.

Tidak hanya melakukan aksi gendong. Prajurit TNI AD ini juga diketahui sempat menghimbau masyarakat saat itu, untuk dapat membantu warga lainya yang juga mengalami sakit, sehingga harus berada pada sebuah kursi roda.



“Penumpang dari Midai ada yang sakit. Jadi harus kita bantu untuk menaiki tangga kapal Bukit Raya, mencegah terjadinya musibah kecelakaan,” tutur Sertu Oloan kepada koranperbatasan.com Senin, 02 Desember 2019.

Sebagai penjaga garda terdepan NKRI, Kodim 0318/Natuna yang bertugas di Kecamatan Midai, Sertu Oloan mengaku mempunyai rasa tanggung jawab kepada binaannya untuk selalu tanggap dan bersikap ramah kepada semua warga.

Katan Sertu Oloan, upaya yang dilakukan tersebut merupakan wujud nyata bentuk kepedulian TNI AD kepada warga sekitar. Agar rasa kebersamaan antara TNI dan rakyat  selalu terjalin tanpa mengenal batas.

Dalam menjaga keutuhan NKRI kepentingan masyarakat selalu menjadi perioritas. Kami prajurit TNI AD lajut Sertu Oloan, di wilayah perbatasan Kecamatan Midai senantiasa memberikan bantuan tanpa pamrih.

“Selain arahan Komandan Kodim 0318/Natuna, Letkol Ferry Kriswardana dan Komandan Koramil 05/Midai, ini juga merupakan 8 Wajib TNI. Dimana pada point kedelapan itu, menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya,” pungkas Sertu Oloan.

Aksi heroik Babinsa ini mendapat tanggapan positif dari masyarakat dan penumpang lanjutan lainya saat berada di atas KM Bukit Raya. “Sungguh mulia bapak Babinsa mengendong warga yang sakit. Kami Warga Midai sangat bangga punya Babinsa  seperti ini,” ucap Andra, warga Midai menjawab koranperbatasan.com melalui telepon selular, Senin, 02 Desember 2019.

Menurut Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemda Natuna yang bertugas di Kecamatan Midai ini, apa yang telah dilakukan Babinsa  sangat berarti bagi warga. Tentara menurutnya tidak hanya sebatas menjaga keamanan wilayah Midai saja. Mereka juga sangat peduli dengan masyarakat sekitar.

Dengan membawa sekitar 359 orang penumpang, KM Bukit Raya kemudian bertolak dari Pelabuhan Kecamatan Midai menuju Selat Lampa, salah satu pelabuhan yang berada di Ibu Kota Kabupaten Natuna, sebelum melanjutkan perjalannya menuju Pelabuhan Tarempa, Letung dan Kijang Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau. (KP).


Laporan : Kalit



Memuat...