Api Lahap Lahan Gambut Sebelah Kanan Pintu Masuk Masjid Agung Natuna

0
171
Kobaran-api-lahap-lahan-gambut-sebelah-kanan-jalan-pintu-masuk-Masjid-Agung-Natuna Jum'at (23/3/2018)

Natuna, (KP), – Api kembali membuat sibuk para patugas pemadam kebakaran di Ranai Kabupaten Natuna Provinsi Kepri. Puluhan hektar lahan gambut disekitar ruas jalan sebelah kanan pintu masuk menuju Masjid Agung Natuna Gerbang Utara hangus terbakar. Api yang berlari kencang, hampir menerobos masuk area Kantor Camat Bunguran Timur itu, terjadi Jum’at (23/3) malam.

Kobaran api yang mengeluarkan asap hitam tebal, dan sempat membesar itu, berhasil membuat dua unit mobil dari Satuan Pemadam Kebakaran Pemda Natuna, dan satu mobil tangki milik TNI AL Natuna bergegas turun mengamankan. Berkat kerjasama dua pasukan penyelamat, dan masyarakat setempat, sekitar pukul 22.35 Wib, amukan api akhirnya berhasil di padamkan.

Meski tidak ada korban jiwa, namun riak hebat si jago merah yang terjadi sempat mengundang perhatian. Alhasil, tarian api malam itu, menjadi tontonan warga setempat karena ingin menyaksikan langsung. “ Besar juga, asapnya terbang sampai ke Batu Hitam, makanya kami kesini, “ ujar Yoyok salah seorang warga yang ikut menyaksikan.

Komandan Lanal Ranai, Letkol Laut (P) Harry Setyawan, di lokasi kejadian mengatakan, usai menerima laporan dirinya langsung memerintahkan anggota untuk segera mengirimkan bantuan berupa mobil pemadam, dan sejumlah personil. ” Sebenarnya mobil pemadam kebakaran punya kami itu, disiapkan untuk antisipasi kebakaran di pelabuhan milik TNI AL. Namun karena ada musibah seperti ini, kami terjunkan juga untuk membantu, “ ungkap Harry, menghimbau agar masyarakat tidak membakar lahan disaat musim kemarau, seperti saat ini.

Informasi diperoleh, tidak ada kepastian dari mana sumber api berasal. Meskipun ada yang mengatakan, api berasal dari sisa salah seoarang warga membakar sampah beberapa waktu lalu. Pantauan media ini, tidak ada kerusakan ruas jalan yang terjadi, begitu juga dengan tanaman pohon hias disekitar jalan pintu masuk Masjid Agung Natuna. Saat musibah terjadi, lokasi disekitar perumahan Pemda terlihat macet, membuat gerak mobil petugas sedikit terganggu. (Amran).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here