STAIN SAR Kepri Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2024/2025

Terbit: oleh -45 Dilihat

BINTAN – Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau akan segera membuka penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Tahun Akademik 2024/2025.

Ada tiga jenis seleksi yang akan dibuka yaitu, Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN-PTKIN), Ujian Masuk (UM-PTKIN) dan seleksi jalur mandiri. Jalur PAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN atau PTKIN dengan program studi keagamaan dalam satu sistem yang terpadu. SPAN-PTKIN diselenggarakan secara serentak oleh panitia pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN/PTN. SPAN-PTKIN juga biasanya dikenal dengan sebutan jalur prestasi atau jalur undangan.

Jalur UM-PTKIN, menurut situs resminya, UM-PTKIN adalah seleksi masuk PTKIN yang berada dibawah Kementerian Agama (Kemenag). Seleksi ini dilakukan secara nasional melalui aplikasi Sistem Seleksi Elektronik (SSE) yang dikenai biaya pendaftaran.

Seleksi ini berbeda dengan jalur mandiri. Jalur mandiri PTKIN diselenggarakan oleh PTKIN terkait dengan sistem yang berbeda. Selain itu, biaya jalur mandiri PTKIN juga bervariasi. Jadi, seleksi UM-PTKIN berbeda dengan jalur mandiri. Jika pendaftar masih belum diterima melalui jalur UM-PTKIN, maka masih bisa mengikuti seleksi melalui jalur mandiri.

STAIN SAR Kepri adalah satu-satunya PTKIN yang ada di Kepulauan Riau. STAIN SAR Kepri saat ini telah memiliki 11 Program Studi (PRODI), yakni, Hukum Ekonomi Syariah (HES), Hukum Keluarga Islam (HKI), Akuntansi Syariah (AKS), Manajemen Bisnis Islam (MBS), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Tadris Bahasa Inggris (TBI), Pendikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) dan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI).

Kepala Subbagian Layanan Akademik STAIN SAR Kepri, Dvi Afriansyah, S.Pd.I, mengatakan, STAIN SAR Kepri memiliki Visi Unggul, Keislaman dan Kemelayuan, memiliki misi untuk mewujudkan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta penanaman nilai-nilai keislaman dan kemelayuan dan menghasilkan sarjana yang unggul dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta berpegang teguh pada nilai-nilai keislaman dan kemelayuan, dan motto-nya “Bersendikan Wahyu, Berteraskan Ilmu,”.

Menurut Dvi, saat ini STAIN SAR kepri sudah memiliki fasilitas yang lengkap untuk menunjang perkuliahan, ruang kuliah representatif, memiliki auditorium untuk melakukan kegiatan, laboratorium, perpustakaan, ruang pengadilan semu, ruang perbankan syariah, ruang kelas internasional, lapangan olahraga, ruang kegiatan mahasiswa, WiFi 24 jam dan kantin.

“Saat ini STAIN SAR Kepri sedang membangun gedung laboratorium keagamaan, dimana gedung ini akan digunakan untuk melaksanakan kegiatan keagamaan yang ada dikampus,” tutur Dvi. (KP).


Laporan : Denny Jebat


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *