Bantu Petani Pada HUT RI, MPC Pemuda Pancasila Gelar Pesta Makan Durian Geratis

oleh -632 views
Anggota MPC Pemuda Pancasila terlihat sedang memasang spanduk ajakan makan durian geratis pada HUT RI Ke-74 di Anambas

ANAMBAS (KP),- Sepanjang jalan di Kota Tarempa, Pusat Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Provinsi Kepri saat ini terlihat banyak tumpukan buah durian. Buah-buah durian itu, adalah buah durian asli Anambas dengan citarasa khas yang dijual oleh para pedagang.

Kepada koranperbatasan.com Rabu, 14 Agustus 2019 saat memimpin anggotanya memasang spanduk berisikan ajakan memeriahkan Aksi Amal Festa Durian, Sekretaris Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC – PP ) KKA, Taufik Hidayah, S.IP mengatakan sudah hampir sebulan buah durian banjir di Tarempa.

Sebelumnya kata Taufik, oleh para pedagang durian, buah-buah durian tersebut dibeli dengan para petani durian yang ada di Pulau Siantan dan pulau-pulau sekitarnya. Dengan harga sangat murah, bila dibandingkan dengan harga buah durian di luar, seperti Tanjungpinang dan Batam.

“Pedagang yang menjual durian disekitaran pasar Tarempa itu sebelumnya mereka membelinya dengan para petani durian langsung di kebun. Harganya jauh lebih murah,” sebut Taufik.

Tahun ini, pemuda lajang pemilik akun facebook Moon Magian Purba itu, menyampaikan bahwa, petani pemilik kebun durian di Pulau Siantan dan sekitarnya, memiliki hasil panen buah durian yang lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya.  Sehingga harga durian yang semulanya dibandrol seharga Rp 25 ribu perbuah, namun kini hanya tinggal Rp 5 ribu saja. “Tahun ini memang hasil panen durian lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya,” imbuhnya.

Menurut Moon, saat ini buah-buah durian tersebut sudah tidak banyak pembelinya. Sehingga, saban hari jika melintasi sepanjang jalan di pusat Kota Tarempa, kita disuguhkan dengan jejeran tumpukan buah durian bersama bau khasnya yang menyengat. “Masih banyak bertumpukan disepanjang jalan sekitar pasar Tarempa,” cetusnya.



Melihat kondisi itulah, bersama dengan Ormas Pemuda Pancasila (PP) Anambas, dia berencana akan menggelar Aksi Pesta Durian Gratis. Durian milik petani dibeli sekitar seribu butir. “Aksi peduli itu untuk membantu agar  ada tambahan penghasilan bagi petani durian yang buah durian mereka panen hampir tidak terjual lagi,” terangnya.

Hal itu pula sambungnya, berkenaan dengan momentum Perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) Ke-74 di Anambas tahun ini. Masyarakat Anambas yang hobi durian, dapat menyantap durian khas Anambas yang akan disediakan oleh pihak panitia secara cuma-cuma.

“Setelah upacara tujuh belasan, di sekitar Lapangan Bola Sulaiman Abdullah, nanti kami akan buka lapak Aksi Pesta Durian Gratis. Bagi masyarakat yang mau makan durian silakan datang,” ajaknya. (KP).


Pewarta : Azmi Aneka Putra



Memuat...