Event Sport Tourism Internasional Bintan Triathlon Genjot Jumlah Traveler Dunia

oleh -367 views
Peserta-lomba-renang-wanita-dalam-event-sport-tourism-internasional-Bintan-Triathlon-2018-terlihat-sedang-bersiap-siap

Bintan, (KP), – Bupati Kabupaten Bintan Provinsi Kepri, H. Apri Sujadi, S.Sos, kembali membuka Event Sport Tourism Internasional Bintan Triathlon. Kegiatan yang mentargetkan jumlah kunjungan tourism country mulai dari peserta, official, maupun supporter itu, diikuti oleh 49 negara, berlangsung, Sabtu, (12/05) disekitar kawasan Pariwisata Lagoi Kabupaten Bintan. Begitu dibuka, ajang bergengsi yang dihadiri Penanggung Jawab Calendar of Events (CoE) Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuti, itu langsung diserbu 4.000 traveler dunia. Dari 4.000 itu, sebanyak 1.400 orang tercatat sebagai peserta, sisanya, adalah pendamping lomba, dan para keluarga.

Bupati-Kabupaten-Bintan-H.-Apri-Sujadi-S.Sos-Kepala-Dinas-Pariwisata-Bintan-Luki-Zaiman-Prawira-dan-Panitia-saat-memimpin-rapat-pembukaan-event-sport-tourism-internasional-Bintan-Triathlon-2018

Bintan Triathlon tahun 2018 terbukti sukses, dan berhasil membuat nama Kabupaten Bintan Provinsi Kepri, di kenal dunia, sebagai destinasi sport tourism. Lomba yang dimulai dari Nirwana Garden Beach Resort itu, tentu saja medadak heboh, memukau pandangan mata. Hasil pantauan media ini, semua terlihat happy saat berkompetisi, mulai dari lomba renang, lomba bersepeda maupun lari, dengan rute Nirwana Gardens Resort – Ria Bintan – Waduk Lagoi – Pasar Ole-ole.




Bupati-Bintan-Apri-Sujadi-S.Sos-Penanggung-jawab-Calendar-of-Events-CoE-Kemenpar-Esthy-Reko-Astuti-dan-Kepala-Dinas-Pariwisata-Luki-Zaiman-Prawira-poto-bersama-panitia-lomba

Sprint distance dengan jarak renang 750 meter terlihat begitu mudah untuk di tempuh oleh 1.400 peserta, begitu juga dengan bersepeda jarak tempuh 20 kilometer, dan lari 5 kilometer.   Meski sedikit menantang, olympic distance dengan jarak renang 1,5 kilometer, bersepeda 40 kilometer, dan lari 10 kilometer,  juga bisa dengan mudah di terobos peserta. Event bertarap nasional itu, juga sempat melibatkan peserta anak-anak, yang dikenal dengan sebutan kids distance. Dengan jarak tempuh renang 150 meter, bersepeda 6 kilometer, dan lari 1,5 kilometer. Lomba ini berlangsung pada Minggu (13/05), spesial bagi mereka yang sudah berusia 8-11 tahun.

Peserta-lomba-renang-dalam-event-sport-tourism-internasional-Bintan-Triathlon-2018-menikmati-tari-persembahan-sekapur-sirih

Menilik perkembangan dunia pariwisata, Menteri Pariwisata Arief Yahya, mengatakan jika pariwisata di ibaratkan celana, maka kantung kanan Bali, kantung kiri Jakarta, dan kantung belakangnya adalah Kepri. Tiga kantung utama itu, acap disebut 3 Greater, totalnya sudah 90 persen wisman masuk ke Indonesia. Diketahui, Bali 40 persen, Jakarta 30 persen, dan Provinsi Kepri 20 persen.

Bintan misalnya, atraksi manmade-nya, seperti sport tourism sudah popular di Singapura dan Malaysia. Nature-nya, sudah pasti memiliki keunggulan dan menjadi komplementer buat Singapura yang tidak memiliki pantai, hutan, bakau dan bawah laut. ” Perhelatan Bintan Triathlon di Lagoi Bintan adalah contoh konkret. Sedikitnya mendatangkan 2000 wisman sekaligus yang terdiri dari atlet beserta kru dan keluarganya, ” pungkas Arief.

Peserta-lomba-renang-dalam-event-sport-tourism-internasional-Bintan-Triathlon-2018-terlihat-sedang-membersihkan-diri

Penanggung jawab Calendar of Events (CoE) Kemenpar, Esthy Reko Astuti, usai mengibarkan flag off kategori wanita, langsung memberi pujian kepada Pemerintah Daerah Kebupaten Bintan Provinsi Kepri. “ Bintan makin di kenal dunia, semakin menjadi rujukan even sport tourism kelas dunia. Untuk acara ini saja, lebih dari 30 portal terkait sport, tourism, lifestyle, dan entertainment, ikut mem-publish Bintan Triathlon. Saya ucapkan selamat untuk Kabupaten Bintan,” ujar Esthy Reko Astuti dalam sambutannya.

Peserta-lomba-renang-wanita-dalam-event-sport-tourism-internasional-Bintan-Triathlon-2018-terlihat-sedang-bersiap-siap

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan Provinsi Kepri, Luki Zaiman Prawira mengatakan semuanya, diperkuat dengan digital banners oleh MetaSport Website, Fitness First Website dan Garuda Airline yang memiliki jangkauan luas. Luki Zaiman, mengatakan, sejak awal Bintan memang sudah diposisikan sebagai destinasi sport tourism, karena beragam event internasional berhasil digelar. Mulai dari Tour de Bintan, Ironman Bintan Indonesia, Bintan Triathlon, hingga Sungailiat Triathlon.  “Coba lihat Bintan Triathlon 2018, pesertanya 1.400 orang. Masing-masing peserta ada pendamping, dan membawa keluarga, totalnya 4.000-an, berkumpul disini. Semua butuh tempat menginap, makan, transportasi, dan sarana hiburan. Banyak sekali devisa masuk dalam sekali kegiatan, ” terang Luki Zaiman.

Peserta-lomba-rperempuan-dalam-event-sport-tourism-internasional-Bintan-Triathlon-2018-terlihat-sedang-mempersiapkan-diri-mengikuti-jalannya-lomba

Menurutnya, ada direct value, repeater value, dan media value, yang bisa digapai dari Bintan Triathlon. Nominalnya diyakini tidak sedikit, apalagi event ini dikelola langsung oleh Meta Sports, sebuah event organizer yang sudah memiliki jaringan lebih dari 100 negara, belum termasuk publikasi dari media nasional. “ Sport tourism memang menjadi salah satu andalan Kabupaten Bintan. Jadi ini, menjadi andalan kami untuk memenuhi target kunjungan wisatawan mancanegara, ” ujar Luki Zaiman.

Suasana-saat-berlangsungnya-lomba-renang-dalam-event-sport-tourism-internasional-Bintan-Triathlon-2018

Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya yang terlihat heppy mengikuti jalannya acara lomba mengatakan, suksesnya sport tourism di border area, diyakini bakal membuat Kabupaten Bintan sejahtera.  “ Sport tourism seperti ini membuat Bintan jadi destinasi popular di Singapora. Gabungan antara sport tourism dan enter tainment menjadi brand Bintan. Dengan jalan yang mulus, 3A (Akses, Atraksi, Amenitas), sudah lebih maju, membuat Bintan tumbuh menjadi surga pariwisata. Lokasinya dekat Singapura, seolah-olah menjadi halaman bermain bagi orang di Singapura. Enjoy Bintan Triathlon, salam Wonderful Indonesia,” ungkap Arief Yahya. (***).

Narsi : Ambox , Poto : Deny Jebat

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Memuat...