Jelang Pemilukada Tahun 2020, PPS dan PPDP Desa Cemaga Utara Laksanakan Coklit

oleh -454 views
Anggota-PPS-dan-PPDP-Desa-Cemaga-Utara-saat-laksanakan-Coklit-ke-rumah-warga

NATUNA (KP),- Anggota PPS dan PPDP Desa Cemaga Utara, Kecamatan Bunguran Selatan, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) dalam rangka Pemuktahiran Data Pemilih ke rumah-rumah warga  menjelang Pemilukada Tahun 2020.

Nofri selaku anggota PPS Desa Cema Utara, menyampaikan kegiatan tersebut, dilaksanakan demi kepentingan Pemilukada Tanggal 09 Desember 2020 mendatang. Maka diadakan pendataan pemilih melalui Coklit agar hak dari pada masyarakat terpenuhi. “Semuanya bisa memilih asalkan memenuhi hak sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku,” kata Nofri, menjawab koranperbatasan.com saat ditemui disalah satu rumah warga, Rabu, 15 Juli 2020.

Meskipun sudah terdata oleh KPU dalam A-KWK. PPS tetap menjalankan tugas yang diberikan oleh KPU untuk melakukan penelitian atas kesesuaian nomor KK dan KTP. Pendataan ulang agar yang  belum terdata dalam A-KWK mendapatkan hak pilihnya. “A-KWK adalah data yang diberikan oleh KPU berdasarkan data kependudukan” jelas Nofri.

Sedangkan untuk kategori pemilih lanjut Nofri, masyarakat yang sudah berumur 17 tahun memiliki hak pilih. “Yang sudah menikah atau pernah menikah, walaupun umurnya belum cukup 17 tahun sudah mendapatkan hak pilih,” ujarnya.

Nofri memastikan, Kegiatan pendataan pimilih berlaku selama satu bulan. Terhitung dari tangal 15 Juli 2020 sampai dengan 13 Agustus 2020. Dan akan dilakukan Coklit serentak pada tanggal 18 Juli 2020 mendatang. “Untuk protokol kesehatan semuanya sudah kami laksanakan. Dari KPU sudah menyiapkan sarana dan prasana,” tegasnya.

Lebih jauh Nofri menjelaskan, berdasarkan data pemilih tahun lalu. Desa Cemaga Utara terdapat dua TPS. TPS satu berjumlah 404 pemilih. TPS dua berjumlah 201 pemilih. “Kemungkinan bertambah bisa terjadi. Karena faktor umur, dimana yang sudah berumur 17 tahun sudah mendapatkan hak pilih,” terangnya.

Sebagai anggota PPS, Nofri berharap pandemi Covid-19 segera berakhir dan Pemilukada Tahun 2020 ini dapat berjalan dengan lancar. “Harapan kita semoga pandemi Covid-19 ini cepat berakhir supaya kehidupan kita kembali normal serta Pemilukada Tahun 2020 ini dapat berjalan dengan lancar. Dan adanya kerjasama panitia penyelenggara dengan masyarakat tentunya,” tutupnya. (KP).




Laporan  : Riduan/Johan



Memuat...