Jumlah Pasien DBD di Serasan Bertambah Pemerintah Harus Cepat Tanggap

oleh -350 views

NATUNA (KP),- Jumlah pasien Demam Berdarah dan Dengue (DBD) di Puskesmas Serasan, Kabupaten Natuna, bertambah. Sebelumnya 3 pasien dinyatakan positif DBD asal Pulau Batu Berian telah dirujuk ke RSUD Natuna di Ranai. Kali ini 1 lagi dinyatakan positif berasal dari Kelurahan Serasan.

“Iya bertambah 1 lagi di kelurahan, pasien anak-anak, telah kita rujuk ke Kalimantan, tadi malam,” kata Syarifah Anisa, Kepala Puskesmas Serasan, Minggu (24/3/2018).

Menanggapi hal tersebut, pihak Puskesmas telah mengambil tindakan dengan melakukan pencegahan agar wabah DBD tidak semakin luas.

“Kemarin pasien hanya dari Pulau Batu Berian, kali ini telah teridentifikasi kawasan Kelurahan Serasan juga ada, hari ini staf kami akan lakukan PE, lusa gotong royong PSN dan 3M Plus, ” ujarnya.

Namun, Ia berharap besok bisa dilakukan gotong royong bersih lingkungan serentak dan hal itu bisa dilakukan jika pihak kecamatan turun berperan aktif dalam hal menggerakkan masyarakat.

“Kita telah berkoordinasi dengan Pak Camat, katanya hari ini belum bisa dilakukan karena ada warga sekitar meninggal dan ada pula yang lagi melangsungkan pesta pernikahan,” ucapnya.

Sebelumnya, Anisa juga mengatakan telah melakukan rapat koordinasi bersama pihak kecamatan dalam upaya pencegahan DBD tersebut beberapa waktu lalu namun belum ada tindakan nyata sampai hari ini.



“Kita telah lakukan sosialisasi di kantor camat, namun sampai hari ini belum dilakukan seperti yang kita rekomendasikan, jika PSN dan 3M Plus dijalankan insyaallah aman,” terang Anisa.

Menurutnya, kawasan dimana pasien DBD tersebut tinggal telah ditemukan sumber sarang nyamuk dan itu harus segera dilakukan pembersihan. “Staf kita telah melihat ada genangan air 200 meter dari rumah pasien,” tuturnya.

Untuk menghindari penularan, Anisa menyarankan saat ini bisa dilakukan dengan mengunakan minyak serai atau lation anti nyamuk. “Tetapi saat ini di Serasan minyak serai habis, stok sedikit, ini kami baru saja pesan keluar daerah,” paparnya.

Sampai berita ini diterbitkan Camat Serasan saat dihubungi belum memberikan tanggapan terkait hal tersebut. (KP).


Pewarta : Cherman

Editor : Redaksi


 


Memuat...