Kades Mekar Jaya Apresiasi Atas Pestival Takbir dan Beduk Oleh Mahasiswa KKN STAI Natuna

oleh -610 views
Poto-bersama-pada-Pestival-Takbir-dan-Beduk-di-Dusun-II-Sebuton-Desa-Mekar-Jaya-30-Juli-2020

MEKAR JAYA (KP),- Kepala Desa Mekar Jaya, Kecamatan Bunguran Barat, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Muhammad Isa mengapresiasi atas kegiatan Pestival Takbir dan Beduk yang digelar oleh mahasiswa yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Natuna, dalam rangka memeriahkan Malam Takbiran Idul Adha 1441H.

Menurutnya, acara keagamaan ini untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan kepedulian terhadap tradisi keagamaan dalam hal ini agama islam. “Kegiatan ini memang setiap tahun kita adakan, pemerintah desa dan masyarakat Desa Mekar Jaya, sangat mendukung kegiatan seperti ini,” kata Isa, menjawab koranperbatasan.com di Gedung Serbaguna Sebuton, Kamis, 30 Juli 2020.

Sedangkan rencana mengadakan pawai takbir keliling lanjut isa, belum bisa dilaksanakan menimbang masih dalam suana pandemi Covid-19. Isa juga mengungkapkan kegiatan Pestival Takbir dan Beduk kali ini sudah mengikuti prokol kesehatan salah satunya dengan mempersingkat waktu pelaksanaanya. “Jadi kita tetap mengikuti aturan protokol kesehatan dan sesuai dengan arahan pemerintah,” ujar Isa.

Sejalan dengan itu, ketua posko II KKN STAI Natuna, sekaligus selaku Ketua Pelaksana Usman, menyebutkan Pestival Takbir dan Beduk merupakan kegiatan keagamaan pada malam takbiran Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah yang sasarannya merupakan warga di dusun II Sebuton. “Jadi dengan adanya kegiatan ini, ada dua yang ingin kami sampaikan. Yang pertama mengenai keagamaannya yaitu kita bersama-sama takbir dimalam takbiran Hari Raya Idul Adha. Kemudian yang kedua kita ingin mengangkat lagi silaturahmi antara mahasiswa KKN dan warga sebuton dimana kita berbaur dimalam takbiran ini,” tutur Usman.

Usman lanjut menerangkan, kegitan Pestival Takbir dan Beduk untuk peserta difokuskan dari dusun II Sebuton. Usman juga memastikan, terhitung dari awal masuknya mahasiswa KKN STAI Natuna, sudah menghimbau kepada warga Sebuton dalam kegiatan yang menyangkut keramaian harus selalu menerapkan protokol kesehatan. “Terutama salah satunya menjaga jarak, kemudian kita mewajibkan menggunakan masker karena merupakan salah satu protokol kesahatan yang kita jalankan,” tambah Usman.

Sebagai ketua posko, Usman mewakili rekan-rekan mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN, berharap dukungan dari masyarakat Desa Mekar Jaya, untuk menyukseskan program-program yang sudah teragenda sejauh hari. “Ada beberapa program disini, tanpa adanya dukungan dari warga sangat sulit bagi kami menyukseskannya. Ini merupakan salah satu kegiatan, agar kami lebih bisa mendekatkan diri kepada masyarakat yang ada di Sebuton dan Desa Mekar Jaya umumnya,” harap Usman.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Desa Mekar Jaya Muhammad Isa, yang didampingi Sekretaris Desa Mekar Jaya Dursalim, Wakil Ketua BPD Tarmizi dan Ketua Posko II Usman. Serta dihadiri oleh perangkat desa, tokoh agama, masyrakat dan peserta lomba. (KP).




Laporan  : Riduan/Johan



Memuat...