Kepala KPH Tala dan BPDASHL Barito Lakukan Pengecekan Lokasi Penanaman Mangrove

oleh -184 views
KPH-Tanah-Laut-saat-melakukan-pengecekan-lokasi-penanaman-mangrove

PELAIHARI (KP),- Kepala KPH Kabupaten Tanah Laut, Rahmad Riansyah melakukan pengecekan lokasi rencana penanaman pohon mangrove di Desa Pagatan Besar, Kecamatan Takisung, Kamis, 6 Agustus 2020.

Pengecekan lokasi diawali koordinasi dengan Kepala Desa Pagatan Besar,  Hamberani dan jajaran. Rencananya pohon mangrove yang ditanam sebanyak 2.000 batang. Nantinya dilaksanakan oleh kelompok masyarakat tergabung dalam karang taruna dan Pokdarwis, disebelah lokasi penanaman Polda Kalsel. Sementara waktunya ditentukan kemudian.

Hasil pengambilan foto dari drone diperkirakan lokasi yang bisa ditanami mangrove seluas 50 hektare. Selain Kepala KPH Tanah Laut dan tim, pengecekan lokasi juga didampingi pegawai dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Barito Banjarbaru.

Selanjutnya, pengecekan dilakukan di Desa Kuala Tambangan,  Kecamatan Takisung dengan hasil lokasi rencana penanaman mangrove berada dalam kawasan wisata yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Laut. Perkiraan luas yang bisa ditanami 20 hektare,  berada di wilayah blok Batu Lima.

Tim kembali melanjutkan perjalanan ke lokasi terakhir, yaitu Desa Tanjung Dewa, Kecamatan Panyipatan.  Di lokasi ini rencana penanaman mangrove berada dalam kawasan areal penggunaan lain, dengan perkiraan luas 30 hektare.  Kondisi sekarang disepanjang pantai telah banyak ditumbuhi tanaman api-api/buta-buta. (KP).


Laporan : Adam Subayu

Editor : Riduan





Memuat...