Revitalisasi Kanal Dari Saluran Irigasi Atasi Karhutla

oleh -85 views
Kanal-yang-dibikin-untuk-mengalirkan-air-dari-irigasi-riam-kanan

BANJARBARU (KP),- Karakteristik kebakaran lahan gambut yang lebih efektif pemadamannya dengan pembasahan diperlukan upaya mengalirkan sejumlah air cukup banyak ke lahan gambut yang terbakar.

Alhamdulillah atas arahan Gubernur dan dukungan sepenuhnya dari Kapolda Kalsel dan Danrem 101 Antasari, Rabu, 18 September 2019 telah selesai direvitalisasi kanal dari saluran sekunder irigasi Riam Kanan ke lokasi Karhutla gambut.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kehutanan, Hanif Faisol Nurofiq saat air dari saluran sekunder irigasi Riam Kanan mengalir ke kanal Karhutla. “Insya Allah bencana asap secara bertahap dapat diatasi dengan permanen,” ujar Hanif.

Sebelumnya kata Hanif, telah diadakan meeting tengah malam bersama Kapolda Kalsel, Danrem 101 Antasari, Kepala Bappeda Prov Kalsel, Kadis TPH Kalsel, Kadis PUPR Kalsel, Karo Umum Setda Kalsel, Kadis ESDM dan Kepala BPBD Kalsel, Dansat Brimob.

Langkah cepat perlu segera diambil dengan meremdam areal gambut terbakar seluas +/- 900 ha dengan air dari sungai/irigasi. (KP).


Pewarta : Adam Subayu