Tangkal Covid-19, Pemda KKA Gelar Rapat Teknis Pembatasan Transportasi Penumpang Laut dan Udara

oleh -348 views
Kondisi-Rapat-Teknis-Pembatasan-Transportasi-Angkutan-Umum-Penumpang-Laut-dan-Udara-Pemda-KKA

ANAMBAS (KP),- Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Menggelar Rapat Teknis Pembatasan Transportasi Angkutan Umum Penumpang Laut dan Udara dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid-19 bertempat di Ruang Rapat Lantai II Kantor Bupati Pasir Peti, Selasa, 04 Agustus 2020.

Rapat Teknis Pembatasan Transportasi Angkutan Umum Penumpang Laut dan Udara dipimpin oleh Sektretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas Sahtiar, SH, MM, selaku Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Anambas. Turut hadir Kepala OPD terkait (Yang mewakili), FKPD, Ketua Relawan Covid-19/Relawan Telor Merah, Agen Tiket Kapal Fery PT. Rempang Sejahtera Bahari di Tarempa dan Agen Tiket Kapal Fery PT. Puteramaju Global Indonesia di Tarempa.

Rapat tersebut dilaksanakan sebagai tindaklanjut dari rapat sebelumnya pada Hari Senin. Mengingat Provinsi Kepulauan Riau, pada saat ini kembali berada di zona merah, segala upaya dipersiapkan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, untuk menjaga Kepulauan Anambas terhindar dari tertularnya Covid-19.

Adapun kesepakatan hasil rapat teknis tersebut diantaranya, untuk transportasi udara mulai Tanggal 09 Agustus 2020 dibatasi menjadi dua kali penerbangan dalam seminggu. Sedangkan untuk kapal angkut penumpang (Kapal Fery PT.Rempang Sejahtera Bahari dan Kapal Fery PT. Puteramaju Global Indonesia di Tarempa dibatasi mulai Tanggal 10 Agustus 2020 masing-masing menjadi dua kali pelayaran dalam seminggu. Transportasi Sabuk Nusantara kedepannya tidak diperbolehkan membawa penumpang, tetapi  hanya untuk membawa barang. Juga berlaku untuk kapal kargo lainnya, tidak diberikan izin membawa penumpang akan tetapi konsen membawa barang.

Selain itu, juga disampaikan hasil keputusan rapat teknis kedepannya untuk masuk ke Kabupaten Kepulauan Anambas, Swab/Rapid test terbaru wajib dilakukan  makimal tiga hari sebelum keberangkatan dari daerah tujuan menuju Anambas. Menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti, menggunakan masker dan tetap menjaga jarak serta mengisi e-Hac atau kartu kuning.

Penerapan pembatasan transportasi angkut penumpang laut maupun udara harus tetap dilakukan sebagai salah satu cara memutus mata rantai penyebaran Covid-9 dan upaya menjaga Kabupaten Kepulauan Anambas, agar tetap berada di zona Hijau dan dijauhkan dari penularan Covid-19. (KP/Azmi).


Kontributor : Diskominfo KKA



Editor : Riduan



Memuat...