Peduli Nasib Generasi, Kemenpora dan DPD KNPI Kepulauan Anambas Gelar Pantaw

Terbit: oleh -34 Dilihat
Ketua DPD KNPI Kabupaten Kepulauan Anambas, Hafis Riandy serah terima cenderamata terkait sosialisasi Pantaw

ANAMBAS (KP),- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia bekerjasama dengan DPD KNPI Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepri, Selasa, 30 Juli 2019 menggelar sosialisasi Pemuda Anti Tawuran (Pantau). Kegiatan yang mengangkat tema “Berkarakter, Mandiri, Berdaya Saing Karena Kami adalah Pantau” tersebut berlangsung di Gedung BPMS, Tarempa, Kecamatan Siantan.

Menurut Amaludin, ketua panitia pelaksana kegiatan, para peserta berasal dari pelajar sekolah yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas denga total 157 orang. Siswa-siswi tersebut diambil dari beberapa sekolah diantaranya, SMA N 1 Siantan, MA Fatahillah Tarempa, SMP N 2 Siantan, SMP N 1 Siantan, MTs Tarempa, Pesantren Khoirumah, dan SMK Arung Hijau.

Sosialisasi ini menurut Amaludin, sangat penting dilakukan utamanya bagi para pemuda. Karena mereka merupakan pelopor pembangunan bangsa, juga salah satu agen penanaman jiwa kepemimpinan.

Semenatar Ketua DPD KNPI Kabupaten Kepulauan Anambas, Hafis Riandy memastikan bahwa saat ini masih marak terjadinya tawuran, utamanya di daerah perkotaan. Sehingga pihaknya memandang perlu didakan sosialisasi program PANTAW. “Khususnya bagi siswa dan siswi di bangku sekolah,” ujar Hafis.

Sejalan dengan kegiatan itu, Kepala Bidang Penghayatan dan Pengamalan Imtaq Pemuda, Asisten Deputi Peningkatan Imtek dan Imtaq Pemuda, Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Nurhairah mengaku prihatin dengan meningkatnya angka tawuran di Indonesia.

“Tawuran di Indonesia meningkat setiap tahun. Untuk itu kita wajib melakukan pembimbingan dalam kreativitas pemuda. Karakter itu menjadi tanggungjawab pemerintah. Baik pusat maupun pemerintah daerah,” tuturnya.

Menanggapihal itu, Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH dalam sambutannya saat membuka kegiatan mengungkapkan bahwa peningkatan daya saing pemuda pemudi Kabupaten Kepulauan Anambas dengan pemuda yang ada di daerah perkotaan juga penting. Karena Kepulauan Anambas merupakan kabupaten yang dekat dengan perbatasan atau daerah terluar.

Sejalan dengan itu, sebagai Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris berharap KNPI Kepulauan Anambas bisa berperan aktif mengembangkan karakter pemuda. Agar kedepan bisa menjadi pemimpin didaerahnya sendiri.

“Anambas merupakan kabupaten yang berdekatan dengan perbatasan. Namun pemuda Kepulauan Anambas tidak kalah dengan pemuda di daerah perkotaan. Karakter yang berkesinambungan itu perlu, dalam perkembangan jaman. Agar bisa mewariskan akhlak dan jiwa kepemimpinan hingga 30 tahun mendatang,” ujarnya.

Sepanjang kegiatan berlangsung, para peserta terlihat antisias dan bersemangat. Dalam kegiatan tersebut, panitia juga melibatkan beberapa personil dari Polres dan Kementerian Agama sebagai narasumber. Acara ini dipandu moderator kawakan, Asril Masbah.

Turut hadir pada kegiatan itu, perwakilan dari Polres Anambas, perwakilan Danlanal Tarempa, Kemenag Anambas, perwakilan Danramil Tarempa, perwakilan Disdikpora dan Lurah Tarempa. (KP).


Pewarta : Azmi Aneka Putra


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *