Bupati Karimun Dampingi Gubernur Kepri Buka Musrenbang Tingkat Kabupaten Karimun

Terbit: oleh -40 Dilihat
Bupati Karimun, Aunur Rafiq dan Gubernur Kepri Ansar Ahmad, Wakil Bupati Anwar Hasyim, dan Ketua DPRD Karimun M. Yusuf Sirat poto bersama Forkopimda dan Kepala OPD serta undangan yang hadir.

KARIMUN – Bupati Karimun, Aunur Rafiq mendampingi Gubernur Kepri, Ansar Ahmad membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Karimun tahun 2024 di Gedung Nilam Sari kantor Bupati Karimun, Rabu, 20 Maret 2024.

Musrenbang ini dalam rangka penyusunan rencana kerja Daerah di tahun 2025 di Kabupaten Karimun. Kegiatan Musrenbang ini akan berlangsung dua hari (20-21 Maret) 2024.

Tampak Bupati Karimun Aunur Rafiq dan Wakil Bupati Anwar Hasyim serta Ketua DPRD Karimun M. Yusuf Sirat mendampingi Gubernur Kepri, Ansar Ahmad dalam kesempatan ini.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad, didampingi Bupati Karimun Aunur Rafiq, dan Wakil Bupati Anwar Hasyim, serta Ketua DPRD Karimun M. Yusuf Sirat memukul gong tanda pembukaan Musrenbang tingkat Kabupaten Karimun tahun 2024 di Gedung Nilam Sari kantor Bupati Karimun, Rabu, 20 Maret 2024.

Tema yang diangkat oleh Pemkab Karimun di Musrenbang kali ini adalah ‘Peningkatan pembangunan infrastruktur dan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang didukung oleh tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien’.

Gubernur Ansar mengatakan bahwa pelaksanaan Musrenbang tingkat Kelurahan, Kecamatan hingga Kabupaten Kota merupakan bagian dari dasar dilaksanakannya Musrenbang tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan 27 Maret nanti. Selanjutnya hasil Musrenbang tingkat Provinsi kemudian Musrenbang Nasional pada April mendatang.

Menurutnya, sudah semestinya Pemerintah Kabupaten/Kota dalam menyelenggarakan Musrenbang selalu mengacu pada indikator perkembangan makro yang terjadi pada Pemerintah Provinsi Kepri, baik terkait pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan per kapita, angka kemiskinan, angka pengangguran, dan IPM.

“Alhamdulillah semua indikator makro di Kepr tercatat cukup baik, semuanya kita mendapatkan rapor biru. Terkait gene ratio dan jumlah kunjungan wisatawan juga cukup bagus dengan mengalami kenaikan saat ini pasca recovery yang kita lakukan. Dan ini harus kita pertahankan, bahkan ditingkatkan,” jelas Ansar.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad, menyampaikan sambutan pada pembukaan Musrenbang tingkat Kabupaten Karimun tahun 2024 di Gedung Nilam Sari kantor Bupati Karimun, Rabu, 20 Maret 2024.

Dalam kesempatan ini Gubernur Ansar pun mengapresiasi Pemkab Karimun karena dari paparan kinerja berdasarkan indikator makro, Pemkab Karimun juga rata-rata berhasil mencapai prestasi yang baik.

“Angka-angka keberhasilan Pemkab Karimun dalam membangun yang dipaparkan tadi adalah nyata adanya. Sehingga saya kira tidak ada yang bisa memungkiri capaian-ampaian itu,” kata Ansar.

Masyarakat juga diminta untuk memahami hal tersebut bahwa pemerintah telah kerja sungguh-sungguh yang hasilnya ditunjukkan dengan angka-angka yang menggembirakan. Ditambah lagi, kata Ansr, sejauh ini Pemkab Karimun dinilai sangat kooperatif sehingga mudah untuk saling berkoordinasi.

“Untuk membangun daerah ini kita harus bersama-sama, tidak mungkin sendiri-sendiri. Alhamdulillah sejauh ini Pemkab Karimun termasuk daerah yang cukup kooperatif untuk berkoordinasi. Sehingga kita bisa rangkul untuk sama-sama mencari tambahan anggaran ke pusat agar ketertinggalan pembangunan di daerah bisa kita gesa bersama-sama,” ujar Ansar.

Bupati Karimun Aunur Rafiq menyampaikan sambutan pada pembukaan Musrenbang tingkat Kabupaten Karimun tahun 2024 di Gedung Nilam Sari kantor Bupati Karimun, Rabu, 20 Maret 2024.

Menurut Gubernur, membangun Kepri yang relatif luas dengan APBD yang relatif kecil tentu tidak mudah. Oleh sebab itu Ansar mengajak semua unsur Pemerintah dan elemen masyarakat bisa bersama-sama salin bahu-membahu. Selain itu meminta seluruh pemerintah kabupaten/kota menerapkan kebijakan tight money polici atau penghematan anggaran dengan mendahulukan kegiatan yang skala prioritas.

“Khusus untuk di Karimun saat ini kita sedang menyelesaikan perpanjangan landasan bandara. Insya Allah tahun ini landasan bandara Karimun yang sebelumnya 1800 meter selesai diperpanjang menjadi 2000 meter. Sehingga pesawat berbadan besar bisa mendarat disini nantinya. Selain itu juga pengoperasian gedung workshop/BLK, tahun ini juga ada tambahan anggaran dari Menaker RI dan segera akan diresmikan,” kata Ansar.

Sementara itu Bupati Karimun Aunur Rafiq dalam kesempatan ini menyampaikan terimkasih kepada Gubernur Kepri karena dengan keterlibatan Gubernur, tahun ini Pemkab Karimun bisa mendapatkan alokasi dana dari pusat hingga ratusan miliar.

Selama tahun 2023 dijelaskan Bupati Rafiq, sedikitnya tambahan dana yang masuk ke Kabupaten Karimun, baik bersumber dari APBD Kepri maupun dari APBN total keseluruhan mencapai Rp386 miliar.

“Dalam kesempatan ini saya sampaikan Terimakasih kepada bapak Gubernur. Karena berkat campur tangan pak Gubernur, tahun 2023 lalu banyak sekali dana yang masuk ke Karimun dari pusat. Sedikitnya sepanjang 40 kilometer jalan terbangun, bandara, gedung workshop dan lain-lain,” tambahnya.

Wakil Bupati Karimun Menutup Musrenbang Kabupaten Karimun Tahun 2024

Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim menutup kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Karimun tahun 2024, Kamis, 21 Maret 2024.

Dalam sambutannya, Anwar Hasyim mengatakan bahwa kegiatan Musrenbang tahun 2024 ini merupakan kali ke-4 dilaksanakan pada periode yang  ke-2 kepemimpinannya bersama Aunuar Rafiq selaku Bupati dan Wakil Bupati Karimun periode 2021-2026.

Katanya saat pembukaan musyawarah perencanaan pembangunan, Bupati Karimun, Aunur Rafiq telah memaparkan beberapa program kegiatan yang akan dilaksanakan, tentunya program yang laksanakan tersebut tidak hanya sebatas janji politik yang hanya ada di dokumen perencanaan pembangunan daerah yang telah ditetapkan dalam rpjmd kabupaten karimun 2021-2026.

Suasana saat berlangsungnya kegiatan penutupan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Karimun tahun 2024, Kamis, 21 Maret 2024.

Akan tetapi menjadi sebuah prioritas pembangunan yang akan kami laksanakan dalam perencanaan maupun penganggaran setiap tahunnya sehingga program-program tersebut dapat terlaksana sesuai dengan target kinerja yang telah ditetapkan.

Dalam konteks perencanaan jangka menengah, Pemerintah Kabupaten Karimun telah menetapkan Visi yang ingin dicapai sebagaimana tertuang dalam RPJMD Kabupaten Karimun periode tahun 2021-2026 yaitu “Terwujudnya Kabupaten Karimun Sebagai Pusat Pertumbuhan Ekonomi Berkeadilan Berlandaskan Iman dan Taqwa”, dengan membawa 5 Misi yaitu :

Meningkatkan perekonomian daerah yang mandiri berbasis sumber daya dan kearifan lokal, Melanjutkan pembangunan infrastruktur yang berkeadilan dalam rangka mempercepat pertumbuhan ekonomi wilayah, Mengembangkan sumber daya manusia yang kuat, kompetitif dan berbudaya berlandaskan iman dan taqwa, Meningkatkan fungsi dan kelestarian lingkungan hidup, Mewujudkan birokrasi yang profesional dan unggul.

Penyusunan dokumen perencanaan tahun 2025 pada tahun ini memiliki makna yang sangat penting, karena merupakan pelaksanaan penjabaran tahun ke-4 dari rpjmd kabupaten karimun periode tahun 2021-2026. Oleh karena itu kami membutuhkan dukungan bapak/ibu sekalian dalam upaya bersama-sama membangun kabupaten kita tercinta ini untuk mewujudkan visi kabupaten karimun.

Dalam mewujudkan pembangunan sesuai dengan visi dan misi serta arah kebijakan di tahun 2025, terdapat beberapa isu strategis yang harus di perhatikan dalam penyusunan rkpd kabupaten karimun tahun 2025, adapun isu-isu strategis tersebut menyangkut :

Aksebilitas dan dukungan penyediaan layanan infrastruktur publik yang merata dan terintegrasi, Sumber daya manusia, kualitas kependudukan, dan karakter daerah, Pertumbuhan ekonomi yang adil dan merata, Pengangguran dan ketenagakerjaan, Tata pemerintahan yang baik, Pengembangan potensi perikanan dan pertanian, Pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Suasana saat berlangsungnya kegiatan penutupan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Karimun tahun 2024, Kamis, 21 Maret 2024.

Isu tersebut menjadi perhatian pemerintah kabupaten karimun, yang menetapkan tema pembangunan kabupaten karimun pada tahun 2025 adalah “peningkatan pembangunan infrastruktur dan kualitas sumber daya manusia (sdm), yang didukung oleh tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien”yang di dukung oleh 4 (empat) prioritas pembangunan pada tahun 2025 meliputi :

Pemerataan pembangunan infrastruktur wilayah, Optimalisasi potensi perekonomian daerah dan pemberdayaan ekonomi masyarakat, Peningkatan sumber daya manusia, Tata kelola pemerintahan yang inovatif.

Keempat prioritas pembangunan tersebut akan dijabarkan di dokumen perencanaan pembangunan (rkpd) kabupeten karimun tahun 2025, dengan target dan sasaran pembangunan kabupaten karimun tahun 2025 terdiri dari 4 prioritas,17 sasaran dan 24 indikator.

Kami mengharapkan agar seluruh opd yang menyusun program dan kegiatan pembangunan untuk tahun 2025 agar dapat secara efektif dan profesional serta penuh rasa tanggungjawab dapat melaksanakan pembangunan lebih berkualitas dan dalam jangka penjang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Selanjtunya hal-hal yang perlu menjadi perhatian kita bersama adalah :

  1. Pertama :pelaksanaan program kegiatan harus menuruti ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku, dimana program dan kegiatan yang diakomodir harus mengacu kepada rpjmd ataupun renstra perangkat daerah dan telah dibahas dalam musrenbang rkpd, karena kedepan pemeriksaan oleh auditor bpk tidak hanya pada aspek penganggaran saja tetapi juga pada aspek perencanaannya.
  2. Kedua : adanya transparansi dalam setiap tahapan proses pelaksanaan kegiatan.
  3. Ketiga:adanya pertanggungjawaban dari pejabat pelaksana melalui laporan secara berkala kepada atasannya.
  4. Keempat :memperhatikan unsur keadilan bagi setiap golongan masyarakat,  dengan tidak mengutamakan suku dan daerah tertentu.
  5. Kelima :adanya kepastian bahwa program kegiatan harus benar-benar dalam rangka mencapai target capaian indikator kinerja dari tujuan dan sasaran, yang tidak hanya fisik namun juga harus memperhatikan fungsional-nya.

Pada kesempatan ini kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh peserta yang telah berperan aktif dalam pembahasan diskusi kelompok, dan terima kasih kepada dinas-dinas terkait di lingkungan pemerintah kabupaten karimun yeng telah menyusun rencana program kerja untuk tahun 2025 sehingga perencanaan yang kita susun ke depan semoga berdampak besar untuk kesejahteraan masyarakat. (KP).


Narasi : Diskominfo dan Persandian Kabupaten Karimun

Kontributor : Prokopim Karimun


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *