Gelar Razia Dalam Lapas, Handphone dan Narkoba Jadi Target

oleh -203 views
Suasana-saat-berlangsungnya-razia-di-dalam-Lapas-Rumah-Tahanan-Negara-Klas-IIB-Baturaja

BATURAJA (KP),- Peredaran Narkoba di dalam Lapas serta penyalahgunaan handphone sebagai alat komunikasi Warga Binaan, marak terjadi. Dalam rangka pencegahan dan penindakan terhadap peredaran gelap Narkoba dan handphone di lingkungan kerja Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Baturaja sesuai intruksi Dirjen PAS melalui Kadivpas Sumsel menggelar razia kamar hunian warga binaan.

Sabtu tanggal 14 Desember 2019, tim yang dipimpin langsung oleh Karutan Baturaja menggeledah badan dan kamar hunian warga binaan. Tim yang terdiri dari Kasubsi, Staf dan Rupam berjumlah 6 orang melakukan penyisiran kamar hunian, dari kamar Blok A Kamar 3, Blok C Kamar 9, 10, 11, 12, dan Blok D Kamar 13.

Karutan Baturaja, Herdianto sebelum melakukan kegiatan memimpin apel tim di halaman depan Rutan. Dalam pengarahannya mengatakan maksud dan tujuan penggeledahan tersebut tidak lain tidak bukan hanya ingin memberantas peredaran narkoba dan penyalahgunaan handphone serta memastikan tidak ada peredaran di dalamnya.

“Handphone merupakan alat komunikasi yang bisa digunakan untuk berhubungan dengan luar dan sangat bahaya untuk pengendalian narkoba, dengan demikian harus benar benar dibersihkan,” terangn Herdi.

Dengan kekuatan penuh, petugas memeriksa satu persatu kamar warga binaan. Termasuk menggeledah para napi. Pada razia ini petugas Rutan tidak menemukan narkoba dan handpone (HP). Namun petugas tetap menemukan barang terlarang lainnya dari beberapa kamar warga binaan, seperti sendok, kaca, ikat pinggang, dan kaleng rokok. Barang-barang tersebut ditemukan di Kamar 9, 10 dan 12, serta Kamar 13.

”Untuk mewujudkan Rutan Baturaja Zero Halinar (handpone, pungli dan narkoba), kedepan akan terus melaksanakan kegiatan razia secara berkesinambungan. Baik razia secara insindentil dan razia rutin. Termasuk penggeledahan terhadap pengunjung dan petugas yang masuk Rutan,” tambahnya. (KP).


Laporan : Syahril





Memuat...