Hari Pers Nasional Ke-73 Natuna Demokrasi Diujung Negeri

oleh -284 views
Sejumlah-Insan-Pers-Natuna-yang-berjaga-di-Pos-I-pembagian-kupon-jalan-santai

NATUNA (KP),- Berawal dari bual-bual kosong di warung kopi hingga sampai pembentukan panitia dan telaksananya sebuah kegiatan. Akhirnya para pewarta penjaga halaman depan NKRI memperoleh banyak pujian. Apresiasi yang datang dari berbagai instansi pemerintah maupun elemen masyarakat terhadap kinerja kuli tinta ini terbilang wajar karena dinilai telah berhasil menyelenggarakan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-73 tahun 2019 dengan semarak.

Ketua-Panitia-HPN-Ke-73-di-Kabupaten-Natuna-M.-Rapi-menyampaikan-sambutan

Banyak pihak menyebut pelaksanaan peringatan HPN yang berlangsung diujung perbatasan sebelah utara Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada tahun ini terlihat sedikit lebih wow. Kegiatan ini berawal dari keinginan bersama para Insan Pers yang berada di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri melalui rapat tertutup dua organisasi profesi yakni Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Aliansi Jurnalis Online Indonesia (AJOI) pada hari Sabtu, 12 Januari 2019 lalu.

Rapat-pembentukan-panitia-peringatan-HPN-ke-73-tahun-2019-bertempat-di-sekretariat-AJOI-jalan-Pramuka-Ranai

Dalam sebuah pertemuan kecil Senin, (14/01) di Ranai Square, para kuli tinta sepakat akan mengisi HPN ke-73 dengan berbagai rangkaian acara dan melibatkan banyak pihak meskipun belum mengantongi cukup uang untuk dapat menyelenggarakan kegiatan tersebut. “Kita ingin tahun ini HPN di Natuna terselenggara secara besar-besaran, dan terbuka kepada siapa saja yang ingin berpartisifasi, apakah dari komunitas, ormas, instansi pemerintah maupun TNI-Polri, “ ujar Rapi, Ketua Pantia HPN ke-73 Natuna.

Panitia-sedang-berbincang-bincang-membahas-persiapan-HPN-di-Ranai-Square

Mungkin keinginan ini sepertinya merupakan sebuah pemikiran yang cukup “gila” dilakukan oleh para Insan Pers Natuna. Bayangkan saja, dalam waktu yang singkat dan hanya dengan bermodalkan anggaran iuran dari rekan-rekan wartawan sebasar Rp200 ribu perorang lalu berkeinginan membuat sebuah kegiatan yang besar dan terlihat meriah.

Para-Insan-Pers-Natuna-terlihat-berdiskusi-membahas-tentang-kesiapan-acara

Wajah murung ketua koordinator bersama anggotanya terlihat jelas. Pikiran yang berhasil merasuki jiwa membuat Insan Pers itu sendiri merasa seakan-akan tidak percaya jika kegiatan tersebut bisa dilaksanakan. Hati yang gelisah kemudian memaksa kakinya tetap melangkah dan beranjak pergi menemui pihak-pihak terkait menawarkan konsep kegiatan yang telah disepakati bersama.

Pertemuan Insan Pers Natuna dengan Komandan-Pangkalan-TNI-AU-Raden-Sadjad-Lanud-RSA-Ranai-Kabupaten-Natuna Kolonel-Pnb-Prasetiya-Halim-SH

Alhamdulillah berkat kuasa tuhan, dan kerja keras yang dilakukan secara bersama-sama oleh Insan Pers melalui koordinator panitia serta adanya dukungan dari masyarakat, para donatur, support para pimpinan Forkopimda dan Pemerintah Daerah, akhirnya beberapa rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional ke-73 di Natuna dapat terlaksanakan dengan baik.

Kapolres-Kabupaten-Natuna-AKBP-Nugroho-Dwi-Karyanto-menyerahkan-hadiah-kepada-peserta-jalan-santai

Peringatan HPN ke-73 yang berlangsung di Natuna merupakan demokrasi diujung negeri karena melibatkan banyak pihak. Sebagian besar rangkain acaranya diisi oleh instansi pemerintah dan lintas organisasi masyarakat. Komandan Pangkalan TNI AU Raden Sadjad Ranai Kolonel Pnb Prasetiya Halim melalui Rumah Sakit Integrasi Lanud Raden Sadjad bersama Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan bergegas menurunkan dokter spesialis dan tim medisnya. Mereka membuka posko pemerikasaan kesehatan dan sempat membagikan kacamata secara gratis kepada masyarakat. Kemudian ibu-ibu Jalasenastri dibawah pimpinan Ny. Winny Harry Setyawan menampilkan persembahan angklung.

Persembahan-tarian-dari-ibu-ibu-Jalasenastri-dibawah-pimpinan-Ny.-Winny-Harry-Setyawan

“Total pasien cek kesehatan dan pembagian kaca mata 100 pasien, kemudian untuk cek ke dokter umum 50 pasien, selanjutnya pemeriksaan kejiwaan 3 pasien. Kami apresiasi kerja kawan-kawan pers di Natuna. Kegiatan ini adalah bagian dari bentuk apresiasi kami kepada kawan-kawan pers,” kata Komandan Lanud RSA Natuna, Kolonel Pnb. Preasetiya Halim melalui Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Pentak) Lanud RSA, Letda Sidik.

Suasana-di-posko-pemerikasaan-kesehatan-pembagian-kacamata-secara-gratis-kepada-masyarakat

Gawai bersejarah bagi Insan Pers ini juga mendapat support dari Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kabupaten Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto. Kapolres Natuna terlihat menurunkan anggotanya melalui Kasatlantas Iptu Zubaidah. Mereka mengisi HPN tahun ini dengan kegiatan  safety riding. “Kami berharap masyarakat Natuna bisa mengendarai kendaraan yang benar saat berada di jalan raya dan jangan ugal-ugalan ketika mengemudi,” ucap Kasatlantas Polres Natuna, Zubaidah.

Atraksi-safety-riding-yang-dipersembahkan-oleh-Polres-Natuna

Dukungan dalam rangka memeriahkan HPN ke-73 juga datang dari Danyon Komposit I/Gardapati, Letkol Inf. Daud A Harahap melalui Danrai Arhanud Bukit Arai Kapten Banteng Raffi Isdianto langsung menurunkan pasukannya. Mereka berhasil memukau penonton dan menghibur masyarakat Natuna melalui pertunjukan masal prajurit. Atraksi kolone senjata ini dipimpin oleh Letda Arh Hendrik Kurnia Harefa, Danton 2 Rudal Rai Arhanud Yonkomposit melibatkan sebanyak 26 orang prajurit TNI.

Pertunjukan-masal-prajurit-Komposit-Gardapati-Natuna

“Kemampuan pasukan dalam memainkan senjata diselingi berbagai formasi ini menunjukan kekompakan serta disiplin personil, sekaligus kemampuan TNI dalam berbagai gerakan posisi tembak. Selamat Hari Pers Nasional untuk teman-teman jurnalis yang ada di tanah air, semoga pers bisa semakin maju dengan pemberitaan yang bisa diakui kebenarannya,” ucap Letkol Inf Daud A Harahap.

Pertunjukan-masal-prajurit-atraksi-tarian-kolone-senjata-dipimpin-oleh-Letda-Arh-Hendrik-Kurnia-Harefa-Danton-2-Rudal-Rai-Arhanud-Yonkomposit

Kegiatan HPN yang diwarnai dengan deklarasi penandatanganan wujudkan sinergitas Pers bersama Pemerintah Daerah dan TNI-Polri dalam rangka penguatan ekonomi masyarakat berbasis digital serta penangkalan hoax di kawasan perbatasan tersebut juga menyediakan stan bazar yang menjual hasil kerajinan tangan seperti gelang, cincin, tasbih, dan kalung. Mereka juga menjual aneka bunga hias beserta tempatnya, dan aneka makanan ciri khas Natuna.

Masyarakat-yang-berjualan-di-stand-bazar pada kegiatan HPN Ke-73

Halaman muka tempat berlangsungnya kegiatan HPN ke-73 yang berpusat di Pantai Kencana Ranai Kecamatan Bunguran Timur jantung kota Kabupaten Natuna tersebut juga dipadati oleh puluhan motor antik. Begitu juga dengan Palang Merah Indonesia (PMI) tidak mau ketinggalan. Meraka juga ikut mendirikan posko donor darah disebelah kanan panggung utama.

Bupati-Natuna-Drs.-H.-Abdul-Hamid-Rizal-M.Si-dan-Ketua-DPRD-Natuna-Yusripandi-didampingi-pimpinan-FKPD-membuka-jalan-santai

Perayaan HPN yang diawali dengan kegiatan jalan santai diikuti lebih kurang tiga ribu peserta bersama ratusan doorprize dan ditutup dengan pemotongan nasi tumpeng serta penyerahan beberapa cinderamata mitra terbaik Insan Pers Natuna tersebut juga dimeriahkan dengan atraksi Kuda Lumping dari Kesenian Jaran Kepang Sanggar Taruno Mudo, Desa Air Lengit, Kecamatan Bunguran Tengah.

Atraksi-Kuda-Lumping-dari-Kesenian-Jaran-Kepang-Sanggar-Taruno-Mudo-Desa-Air-Lengit-Kecamatan-Bunguran-Tengah

Pada malam penutupan, Bupati Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri, Drs. H. Abdul Hamid Rizal, M.Si menyampaikan apresiasinya kepada seluruh Insan Pers atas terselenggaranya kegiatan HPN ke-73 di Natuna. “Saya lihat sangat luar biasa acaranya, masyarakat ramai memadati jalan. Saya sampai terkejut, dalam hati saya berkata hebat juga Insan Pers Natuna bisa menyelenggarakan acara semeriah ini, “ ucap Hamid Rizal.

Bupati-Natuna-Drs.-H.-Abdul-Hamid-Rizal-M.Si-menerima-cinderamata-dari-Insan-Pers-Natuna

Sebagai orang nomor satu di bumi laut sakti rantau bertuah, Hamid Rizal mengakui bahwa turut serta Insan Pers sangat berpengaruh terhadap percepatan pembangunan di Natuna. “Memang tak bisa dipungkiri, kemajuan pembangunan Natuna, tidak terlepas dari peran serta Insan Pers untuk mempromosikan Natuna keseluruh nusantara bahkan manca negara. Sehingga Natuna menjadi semakin mudah dikenal bahkan diperhatikan oleh pemerintah pusat, “ imbuh Hamid. (Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *