Manfaat Laut di Bumi

oleh -901 views
Budiyanto

Penulis : Budiyanto

Jurusan : Sosial Ekonomi Perikanan

Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan


LAUTAN telah dimanfaatkan mualai dari nenek moyang kita sampai sekarang, alangkah baiknya jika kita kembali mengingat dan mengetahui manfaat lautan bagi kehidupan kita, terutama bagi anda yang hidup di tepi laut dan anda yang ingin berlibur di pantai.

1. Manfaat Laut Bagi Kehidupan

Laut terdiri dari air, terumbu karang, tumbuhan air dan bintang didalamnya, dari setiap komponen ini dapat dimanfaatkan oleh manusia dan merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Hilangnya satu komponen seperti terumbu karang akan mengakibatkan ketidak seimbangan kehiduapan didalamnya. Ada  banyak sekali manfaat yang saat ini telah digunakan diantaranya sebagai berikut :

a. Sumber pangan



Lautan merupakan tempat hidup hewan dan tumbuhan laut. Ikan dan rumput laut yang umumnya kita konsumsi berasal dai lautan. Para nelayan juga menyambung hidup dari lautan yang berupa ikan yang sering kita konsumsi.

Peran lautan dalam meyumbangkan pangan bagi manusia sangat besar, apa lagi Indonesia terkenal dengan kakayaan hewan laut dan keindahaanya, jadi sangat penting untuk selalu kita jaga kelestariannya untuk kelangsungan hidup manusia.

b. Saran Transportasi

Benua, Negara, Provinsi hampir semuanya terpisahkan oleh lautan, dan lautan pula sebagai media transportasi di laut. Biasanya untuk mengantar anda menuju tempat tujuan, mentransportasi barang kebutuhan. Coba bayangkan jika tidak ada laut adanya cuma gunung atau jurang pastinya akan lebih sulit kita mengirim barang kebutuhan kita dari tempat yang lain.

Sarana transportasi ini berdamapk besar pada kehidupan, berapa kapal yang saat ini beroprasi di laut, berapa pula lowongan kerja yang telah terserap untuk mengoprasikan kapal. Jadi kalau di hitung-hitung beserta para nelayan yang menyambung hidup mungkin sudah jutaan orang yang telah terbantu adanya lautan untuk hidup.

c. Tempat Wisata

Siapa yang tidak kenal pulau Bali? Saya yakin anda pasti tahu dan mungkin sudah pernah mendengar bahwa Bali adalah salah satu tempat wisata terkenal manca negara. Banyak orang dari negara lain jauh-jauh dari negaranya untuk melihat keindahan pantai di pulau ini, baik keindahan pasir pantai dan terumbu karang yang dihiasi dengan ikan penuh dengan warna warni. Tidak hanya Bali saja, ada juga tempat lain yang bagus seperti di Lombok, Panta Raja Empat dan lain-lian yang belum terekspose oleh media.

Ternyata wisat laut juga sangat menguntungkan baik bagi negara dan penduduk loo. Devisa negara juga ada yang berasal dari wisata pantai seperti ini, karena orang luar negri harus membayar pajak untuk bisa msuk kenegara kita. Penduduk lokal terbantu karena ramainya orang di area wisata dapat menjual produk khas yang laris manis di buru oleh para wisatawan.

d. Tempat Olahraga

Ada yang kenal surfing? Yup surfing itu selancara. Ini termasuk olah raga yang sangat ekstrim menurut saya tapi juga menyenangkan. Ombak yang besar menjadi daya tarik keindahan lautan indonesia dan sebagai tempat sarana olah raga bagi mereka yang senang melakukan selancar.

Biasanya orang yang senang melakukannya adalah orang bule dari manca negara. Apakah anda suka dengan olah raga ini, silahkan mencobanya tapi hati-hati ya, kalau bisa ada pemandunya agar aman dan selamat.

e. Alat pertahanan dan keamanan

Sebagai negara kepulauan negara kita banyak mengandalkan kawasan pearian laut untuk menjaga ke utuhan bansa dan negara. Bangsa lain untuk mendatangi negara kita harus menggunakan kapal. Keberadaan nelayan mencari ikan juga berperan dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan negara kita, mereka sebagai pengawas di daerah perairan nusantara. Maka dari itu saat ini pemerintah mulai membangun pelabuhan dan memperkuat perkapalan ikan di negara kita.

f. Sumber bahan tambang

Lautan juga merupakan salah satu penghasil produk tambang seperti minyak dan mineral bumi lainnya. Di negara kita banyak sekali tambang yang berada di perairan laut yang hasilnya di eksport keberbagai negara maju. Banyak sekali hasil tambang yang kita peroleh dari laut negara kita.

Namun perlu juga diperhatikan sebelum melakukan penambangan apakah dapat merusak lingkungan dan ekosistem di lautan seperti mengakibatkan kerusakan terumbu karang, matinya anak-anak ikan dan pencemaran zat kimia di dalam air.

g. Pendidikan dan Penelitian

Lautan sudah menjadi banyak perhatian manusia, sehingga banyak pertanyaan dan misteri alam yang ingin di pecahkan agar dapat membantu manusia dalam meningkatkan teknologi dalam memanfaatkan kekayaan alam laut. Sekarang sudah banyak universitas atau sekolah-sekolah yang melakukan penelitian dan pembelajaran tentang kehidupan lautan.

Di Jepang saat ini sudah terbilang maju karena dapat memanfaatkan lautannya untuk kepentingan negaranya. Mereka menciptakan tambak raksasa untuk membudidayakan ikan tuna yang hidupnya di perairan dalam, namun meraka tetap bisa memanipulasi ekosistem tuna sehingga bisa hidup normal di area pertambakan raksasa mereka.

h. Sumber mineral dan pertambangan

Lautan juga merupakan salah satu penghasil produk tambang seperti minyak dan mineral bumi lainnya. Di negara kita banyak sekali tambang yang berada di perairan laut yang hasilnya di eksport keberbagai negara maju. Banyak sekali hasil tambang yang kita peroleh dari laut negara kita.

Namun perlu juga diperhatikan sebelum melakukan penambangan apakah dapat merusak lingkungan dan ekosistem di lautan seperti mengakibatkan kerusakan terumbu karang, matinya anak-anak ikan dan pencemaran zat kimia di dalam air.

i. Sumber energi

Baru-baru ini di temukan bahwa laut merupakan sumber energi yang sangat besar untuk kelangsungan hidup manusia. Lautan memiliki ombak dan arus yang dasyat yang dapat memutar turbin pembangkit listrik. Namun sampai saat ini belum di manfaatkan secara optimal karena masih kurangnya SDM yang mampu mengolahnya menjadi sumber daya energi yang ramah lingkungan.

j. Bahan Obat-obatan

Banyak biota laut dan taaman yang hidup di lautan. Beberapa jenis ikan di laut di percaya memiliki manfaat untuk menyembuhkan beberapa penaykit. Rumput laut juga di kenal sebagai makanan yang menyehatkan yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan.

Cukup banyak manfaat lautan yang bisa kita ambil. Namun jangan samapi terlena sehingga lupa menjaga keseimbangan ekosistem di dalamnya. Anda sudah mengerti manfaat laut sekarang kita akan mebahas manfaat air laut untuk kehidupan.

2. Manfaat Air Laut

Siapa bilang air laut tidak bermanfaat? Air laut dimanfaatkan oleh para penambang garam untuk menghasilkan garam berkualitas. Tama air laut tidak mungkin ada garam yang sering kita konsumsi pada makanan kita. Garam memiliki kandungan mineral yang di butuhkan oleh tubuh kita seperti magnesium dan lain-lain.

Selain di buat untuk garam, air laut juga di manfaatkan sebagai sumber mineral oleh perusaan industri. Sebenarnya air laut itu kaya dengan mineral yang dapat di manfaatkan. Ada beberapa perusaan air kemasan mineral yang menggunakan air laut sebagai sember air mineral mereka. Jadi jangan salah kalau air laut memiliki potensi ekonomi juga.

3. Manfaat Gelombang Laut

Saya kira sudah kita bahas di atas, tepatnya di wisata laut dan olah raga. Gelombang air laut menjadi media olah raga selancar yang menyenangkan serta memiliki potensi wisata manca negara yang menakjubkan.

Selain untuk berselancar ombak lautan juga berfungsi sebagai penggeak turbin yang menghasilkan listrik. Di berita telivisi saya pernah melihat bawha di indonesia telah ada yang memanfaatkan gelombang laut sebagai pemabngkit listri ramah lingkunga.

Sekarang bisa kita bayangkan potensi laut selatan yang terkenal memiliki gelombang yang besar dan tidak pernah tedu jika kia gunakan untuk memutar turbin pembangkit listrik, mungkin satu negara dapat di pasok litriknya dari gelombang ini. (KP).


Kiriman Pembaca koranperbatasan.com Minggu, 22 Desember 2019


 


Memuat...